Penerapan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Teknik 3 M (Mendengar, Melihat, Menirukan) Dengan Media Buku Paket At-Tartil Di Tpq Al-Mubarok Dusun Sawahan Kecamatan Ngadiluwih

Sari, Citra Adilla Fitriana (2020) Penerapan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Teknik 3 M (Mendengar, Melihat, Menirukan) Dengan Media Buku Paket At-Tartil Di Tpq Al-Mubarok Dusun Sawahan Kecamatan Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131816 prabab.pdf

Download (406kB)
[img] Text
932131816 bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932131816 bab2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932131816 bab3.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932131816 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
932131816 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932131816 bab6.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932131816 daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932131816 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh penggunaan metode At-Tartil yang telah berhasil memberikan perubahan yang signifikan bagi santri untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bentuk implementasi dari metode At-Tartil yang terdapat di TPQ Al-Mubarok Ds. Purwokerto Ngadiluwih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah dari Ketua TPQ, Ustadz/Ustadzah, takmir, wali santri dan para santri TPQ Al-Mubarok. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk implementasi dari pemakaian metode At-Tartil yang terdapat di TPQ Al-Mubarok. Implementasi metode At-Tartil meliputi program pengajaran dikelas sampai dengan pengelolaan kelas yang dibimbing secara langsung oleh ustadz/ustadzah yang bersangkutan. Penerapan metode At-Tartil ini menjadi pilihan warga TPQ Al-Mubarok karena hasil yang sudah membuktikan bahwa metode ini sudah mencetak generasi Qur’ani yang mumpuni untuk daerah Sidoarjo. Tentu dengan hasil yang maksimal, tidak menutup kemungkinan jika di TPQ Al-Mubarok metode At-Tartil dapat mencetak generasi Qur’ani yang jauh lebih unggul. Selain memahami penerapan metode At-Tartil secara teori, pembelajaran dengan metode ini juga membentuk kepribadian muslim di Desa Purwokerto khususnya jiwa Qur’ani yang mumpuni. Yang terlihat adalah bentuk kontribusi santri-santri TPQ Al-Mubarok terhadap lingkungan masyarakat. Terwujud dengan peringatan acara-acara tertentu yang melibatkan santri untuk berperan aktif dalam acara tersebut. Selain itu dengan penerapan metode At-Tartil ini membangkitkan semangat dan motivasi santri untuk belajar. Baik motivasi untuk belajar tentang agama Islam, motivasi untuk belajar Al-Qur’an dengan lancar dan fasih, serta sebagai tempat sosialisasi yang baik dilingkungan masyarakat Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Teknik 3M, Buku Paket At-Tartil

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:37
Last Modified: 11 Jan 2022 00:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item