Ainy, Ro'i Noer (2020) Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kedisiplinan Siswa Di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932131415 prabab.pdf Download (735kB) |
|
Text
932131415 bab1.pdf Download (402kB) |
|
Text
932131415 bab2.pdf Download (690kB) |
|
Text
932131415 bab3.pdf Download (296kB) |
|
Text
932131415 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
|
Text
932131415 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
932131415 bab6.pdf Download (276kB) |
|
Text
932131415 daftar pustaka.pdf Download (387kB) |
|
Text
932131415 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
Abstract
Kerjasama dalam suatu pendidikan sangat perlu dilakukan agar tercapainya tujuan yang diinginkan. Dalam penanganan suatu masalah guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling melakukan kerjasama untuk menangani kedisiplinan pada diri siswa dengan tujuan menyadarkan diri siswa dari segi jasmaninya yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling dan guru Pendidikan Agama Islam dengan tugas untuk menyadarkan diri siswa dari segi rohaninya. Kerjasama ini dilakukan agar siswa sadar dengan lebih maksimal, karena siswa yang terlibat dalam tindakan yang menyeleweng merupakan tanda bahwa jiwa siswa sedang tergoyahkan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis dari penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi, penyajian lalu menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan tahap-tahap penelitian dalam peneliti ini yaitu: Tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, 1) kondisi kedisiplinan siswa sudah baik, dapat dilihat dari beberapa aspek, mulai dari disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam menjaga lingkungan, dan disiplin siswa dalam bertingkah laku dengan mengacu ke indikator dalam disiplin. 2) kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam menangani kedisiplinan siswa sudah cukup baik, dapat dilihat dari pengadaan kelas BTQ, penerapan kebijakan kelas yang melibatkan guru Bimbingan Konseling, dan bimbingan kelompok. 3) faktor pendukung kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling yaitu kesadaran diri dan motivasi dalam diri siswa. 4) faktor penghambat kerjasama guru Pendidkan agama Islam dan guru Bimbingan Konseling yaitu kejujuran siswa dan fasilitas kelas yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 00:36 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 00:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3058 |
Actions (login required)
View Item |