Choiriyah, Siti Nur (2020) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932128115 prabab.pdf Download (947kB) |
|
Text
932128115 bab1.pdf Download (424kB) |
|
Text
932128115 bab2.pdf Download (364kB) |
|
Text
932128115 bab3.pdf Download (458kB) |
|
Text
932128115 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
Text
932128115 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
932128115 bab6.pdf Download (208kB) |
|
Text
932128115 daftar pustaka.pdf Download (321kB) |
|
Text
932128115 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia era sekarang praktik pendidikan yang dilaksanakan di sekolah belum memperlihatkan fungsi sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang berupaya menjadikan semua warganya menjadi terampil membaca untuk mendukung mereka sebagai pembelajar sepanjang hayat. Berdasarkan hal tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang melibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Dalam penelitian ini, focus masalah yang diambil oleh peneliti adalah: 1) Bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS)? 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Gerakan Literasi Sekolah (GLS)? 3) Apa dampak pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan? Adapun tujuan dari penelitian ini peneliti bermaksud menguraikan sistem pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka, Guru, petugas perpustakaan dan siswa. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan observasi, dan triangulasi. Sedangkan tahapan penelitian berupa tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi geralkan literasi sekolah (GLS) untuk meningkatkan prestais belajar siswa mata pelajaran baca kitab berhasil dilakukan melalui: 1) tahap tahap pembiasaan yang mana kegiatan membaca buku non pelajaran 15 menit sebelum pelajaran dimulai yang diikuti oleh guru dan peserta didik, selanjutnya pada tahap pengembangan pesera didik diberi tugas meresum buku yang telah dibaca dalam bentuk tulisan seperti, puisi, kata-kata bijak, dll, untuk tahap pembelajaran peserta didik menanggapi teks buku bacaan dan dikaitkan dengan mata pelajaran maupun pengalaman pribadi mereka; 2) Hambatan utama yang dirasakan oleh guru dalam pelaksaan gerakan literasi sekolah adalah peserta didik yang suka malas, serta kurangnya dorongan dan dukungan dari orang tua; 3) Dampak yang dirasakan baik guru maupun peserta didik gerakan literasi ini memberikan dampak yang positif, yang mana dengan adanya gerakan literasi peserta didik dapat terbiasa membaca dan menambah kedisiplinan guru dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah serta memicu peningkatan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 02:01 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 02:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3038 |
Actions (login required)
View Item |