Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 2 Kasembon

Fitria, Lailatul (2020) Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 2 Kasembon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127516 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932127516 bab1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
932127516 bab2.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932127516 bab3.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932127516 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
932127516 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
932127516 bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932127516 daftar pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
932127516 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor keberhasilan proses pembelajaran. Motivasi belajar dapat diciptakan dengan adanya dukungan sosial keluarga. Dukungan sosial keluarga merupakan suatu keadaan yang bermanfaat atau menguntungkan yang diperoleh individu yang berasal dari hubungan sosial struktural yaitu keluarga, yang terdiri dari dukungan emosi, informasi, penilaian dan instrumental. Penelitian ini dimaksud untuk 1) mengetahui dukungan sosial keluarga di SMPN 2 Kasembon, 2) mengetahui motivasi belajar siswa di SMPN 2 Kasembon 3) mengetahui pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi siswa di SMPN 2 Kasembon. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitiannya di SMPN 2 Kasembon dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 313 siswa dan diambil sampel sebanyak 80 siswa. Dengan berpedoman pada teknik sampling insidental. Instrument yang digunakan adalah angket dan anlisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menghasilkan 3 kesimpulan yaitu: 1) dukungan sosial keluarga di SMPN 2 Kasembon berada pada kategori sangat baik dengan prosentase 95%; 2) motivasi belajar siswa di SMPN 2 Kasembon berada pada kategori sangat baik dengan prosentase 66,25%; 3) dari hasil analisis perhitungan statistik, menunjukkan bahwa Fhitung (7,820) > Ftabel (3,960) maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:01
Last Modified: 04 Jan 2022 02:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item View Item