Perdana, Airlangga Bintang (2020) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Bidang Akademik Di SMK TI Pelita Nusantara Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125314 prabab.pdf Download (946kB) |
|
Text
932125314 bab1.pdf Download (87kB) |
|
Text
932125314 bab2.pdf Download (153kB) |
|
Text
932125314 bab3.pdf Download (97kB) |
|
Text
932125314 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text
932125314 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
932125314 bab6.pdf Download (6kB) |
|
Text
932125314 daftar pustaka.pdf Download (80kB) |
|
Text
932125314 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang pentig dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, sarana pendidikan dipandang mampu membantu keberhasilan proses pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik. Selain itu, sarana pendidikan mempermudah proses belajar mengajar Proses belajar mengajar akan semakin efektif dan berkualitas bila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan mampu akan mendayagunakan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien, Untuk itu peneliti memfokuskan penelitian pada: 1) Bagaimana perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana dalam meningktkan mutu Pendidikan Bidang Akademik, 2) Bagamana pengadaan sarana dan prasarana dalam meningktkan mutu Lembaga Pendidikan Bidang Akademik, 3) Bagaiman inventarisasi sarana dan prasarana dalam meningktkan mutu Lembaga Pendidikan Bidang Akademik, 4) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik, 5) Bagaimana penghapusan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik, 6) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi, pemeriksaan keabsahan data, dengan memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan: 1) bahwa Perencanaan pengadaan yang dilakukan di SMK TI Pelita Nusantara Kediri dilakukan dilakukan rapat atau musyawarah dalam menentukan kebutuhan sekolah. 2) Dalam melakukan kegiatan pengadaan barang disekolah untuk memenuhi kebutuhan sekolah, yang pertama dalam hal pembelian dengan cara utuh, kedua mendapat bantuan berupa uang dari pemerintah ataupun dari walimurid beserta dari PT Gear dan yang terahir penukaran dilakukan dengan cara membeli barang kemudian mendapat garansi 1 tahun selama masa penukaran. 3) Dalam pemanfaatan sarana prasarana yang dilakukan SMK TI Pelita Nusantara Kediri tidak melibatkan seluruh warga sekolah, hanya kepala sekolah, waka sarana prasarana, guru beserta siswa. 4) Dalam hal pemeliharaan barang di SMK TI Pelita Nusantara Kediri dilakukan oleh guru dan siswa setiap selesai pembelajaran. 5) Dalam hal penghapusan barang yang dilakukan di SMK TI Pelita Nusantara Kediri masih dimasukkan kedalam gudang dan masuk kedalam arsip. 6) Terkait dengan pengawasan barang yang dilakukan di SMK TI Pelita Nusantara Kediri dengan cara kontroling secara rutin.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:54 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3027 |
Actions (login required)
View Item |