Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Pada Revolusi 4.0 Di SMAN 1, Prambon, Kab. Nganjuk

Hayati, Alfin Nur (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Pada Revolusi 4.0 Di SMAN 1, Prambon, Kab. Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122816 prabab.pdf

Download (753kB)
[img] Text
932122816 bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
932122816 bab2.pdf

Download (423kB)
[img] Text
932122816 bab3.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932122816 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
932122816 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
932122816 bab6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932122816 daftar pustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932122816 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahuibagaimana pembelajaranpendidikan agama Islam pada revolusi 4.0 di SMAN 1 Prambon, Kab. Nganjuk. 2) Mengetahui apa saja kendala dan solusi yang dihadapi guru pendidikan agama Islam pada revolusi 4.0 di SMAN 1, Prambon, Kab. Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara lisan dan kuesioner serta dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menguraikan suatu kejadian yang tampak pada objek kejadian. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada revolusi 4.0 di SMAN 1, Prambon, Kab. Nganjuk dilakukan dengan beberapa upaya diantaranya yaitu menggunakan metode pembelajaran aktif, menggunakan media teknologi, mengembangkan potensi keagamaan melalui kegiatan ektrakurikuler, menanamkan ketakwaan pada diri peserta didik, memberikan uswatun hasanah. 2) Kendala dan Solusi yang Dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Revolusi 4.0 di SMAN 1, Prambon diantaranya yaitu kendala yang muncul dari faktor internal seperti terkadang kurang memahami suatu hal baik itu materi ataupun pemakaian media teknologi; solusi yang dilakukan yaitu dengan tetap belajar dari guru-guru yang lain dan tetap koordinasi dengan sesama guru pendidikan agama Islam serta tetap kompak dalam menjalankan tugas mengajar sebagai guru pendidikan agama Islam, dan juga yang muncul dari faktor eksternal seperti kendala yang muncul dari peserta didik seperti kondisi fisik peserta didik; peserta didik yang Gagap Teknologi, sedikit kurang dalam memahami materi; kurang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas dan juga kurangnya media teknologi pribadi yang dimiliki peserta didik, dan juga media teknologi yang digunakan seperti sistem jaringan internet atau komputer yang eror, dan juga keterbatasan kuota.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:51
Last Modified: 30 Dec 2021 02:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item View Item