Implementasi Metode Usmani Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Qur’an Tinalan Kota Kediri

Nurcahyani, Ayu Amalia (2020) Implementasi Metode Usmani Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Qur’an Tinalan Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120716 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120716 bab1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932120716 bab2.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932120716 bab3.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932120716 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
932120716 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
932120716 bab6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
932120716 daftar pustaka.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932120716 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode usmani dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TPQ Nurul Qur‟an Tinalan Kota Kediri. Metode usmani adalah metode pembelajaran Al-Qur‟an yang langsung bersanad sambung-menyambung hingga sampai kepada Rasulullah SAW. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar di TPQ Nurul Qur‟an Tinalan Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dengan sumber data utama adalah Ustazah di TPQ Nurul Qur‟an Tinalan Kota Kediri. Hasil penelitian didapatkan tentang implementasi metode usmani dalam pembelajaran Al-Qur‟an di TPQ Nurul Qur‟an Tinalan Kota Kediri adalah 1) perencanaan penerapan metode usmani dalam pembelajaran Al-Qur‟an di TPQ Nurul Qur‟an terdiri dari identitas lembaga, materi pembelajaran, target pembelajaran, prinsip mengajar, teknik pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan akhir dan do‟a penutup, 2) penerapana metode usmani dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an adalah beserta didik bertemu atau belajar secara langsung kepada guru yang memiliki sanad sampai kepada Rasulullah SAW tanpa melalui perantara, 3) Evaluasi yang dilakukan menggunakan tiga tahap yakni, tes materi pelajaran, tes kenaikan jilid dan tes khotam pendidikan Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:47
Last Modified: 30 Dec 2021 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item