Arianti, Arum (2020) Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMPN 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932120516 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932120516 bab1.pdf Download (363kB) |
|
Text
932120516 bab2.pdf Download (467kB) |
|
Text
932120516 bab3.pdf Download (188kB) |
|
Text
932120516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
|
Text
932120516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text
932120516 bab6.pdf Download (162kB) |
|
Text
932120516 daftar pustaka.pdf Download (379kB) |
|
Text
932120516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) banyak anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai dengan tajwid dan makhrorijul huruf. Program Fullday School juga menjadi alasan bagi anak-anak untuk tidak mengikuti kegiatan mengaji. Sebuah Lembaga Pendidikan yang formal menginginkan lulusan dari lembaga tersebut bisa mengaji dengan baik dan benar, yang sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an di SMPN 8 Kediri, penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMPN 8 Kediri dan Implikasi atau Hasil Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMPN 8 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juli 2020. Jenis Penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, triangulasi terbagi menjadi tiga tahapan yaitu triangulasi sumber, teknik (metode) dan waktu. Sedangkan untuk analisisnya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an ada 3 yaitu penguranagn jadwal pembelajaran, membuat jadwal metode ummi dan prosedur siswa sebelum menerapkan menerapkan metode ummi. 2) Pelaksanaan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan tahapan. Tahapan yang harus dilalui ada 7, yaitu apresepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan juga penutup. di Hari Selasa dan Kamis yang setiap sesi berlangsung selama 80 menit. 3) Implikasi atau Hasil dari penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3011 |
Actions (login required)
View Item |