Septianingsih, Tri (2020) Kebijakan Full Day School Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Ar Robithoh Tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932120416 prabab.pdf Download (993kB) |
|
Text
932120416 bab1.pdf Download (234kB) |
|
Text
932120416 bab2.pdf Download (192kB) |
|
Text
932120416 bab3.pdf Download (623kB) |
|
Text
932120416 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
932120416 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text
932120416 bab6.pdf Download (85kB) |
|
Text
932120416 daftar pustaka.pdf Download (159kB) |
|
Text
932120416 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kebijakan memiliki arti bahwa sebagai serangkaian tindakan yang mempunyai tujuan tertentu yang diikuti dan dilaksanakan oleh seorang pelaku atau sekelompok pelaku guna memecahkan suatu masalah tertentu. Salah satunya tentang kebijakan Full Day School, yaitu sekolah sepanjang hari atau proses belajar mengajar yang diberlakukan dari pagi hari sampai sore hari, mulai dari pukul 06.40 pagi sampai 15.40 sore. Hari sekolah yang mengatur sekolah selama 5 hari, bertujuan dalam membentuk karakter siswa agar dapat berfikir kreatif, kritis, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi agar dapat bersaing di abad ke 21. Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Full Day School di sekolah SD Islam Ar Robithoh dan dampak kebijakan tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Islam Ar Robithoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dimana kehadiran peneliti sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil yang didapat dari penelitian yaitu penerapan kebijakan Full Day School yang berperan utama dalam pembentukan sedemikian rupa pengaturan jadwal yang dibentuk akan menghasilkan sebuah pembiasaan yang akan terus dilakukan dan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Pembiasaan yang baik akan juga berdampak terhadap seluruh kebijakan yang diterapkan tidak terkecuali terhadap pandangan dan penilain terhadap sebuah lembaga baik yayasan itu sendiri yang memiliki kualitas jauh lebih baik, bila dijalankan dengan penuh keikhlasan sepenuh hari tanpa mengharapkan sebuah ridho dari Allah SWT semata. Dakwah tidak hanya melalui sebuah majelis, namun dengan juga dijadikan sebagai landasan sebuah kebijakan disekolah yang akan juga akan berdampak lebih baik. Dampak yang di dapat secara langsung melalui penerapan kebijakan Full Day School yang berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu sebagai berikut optimal sebuah kebijakan, meningkatnya prestasi belajar, kepercayaan orang tua, dukungan orang tua dan dukungan lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:46 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3010 |
Actions (login required)
View Item |