Segregasi Kelas Berbasis Gender (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar)

Husniyah, Alfin (2020) Segregasi Kelas Berbasis Gender (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119816 prabab.pdf

Download (554kB)
[img] Text
932119816 bab1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932119816 bab2.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932119816 bab3.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932119816 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
932119816 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
932119816 bab6.pdf

Download (26kB)
[img] Text
932119816 daftar pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932119816 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Fakta saat ini menunjukkan bahwa pergaulan yang terjadi di kalangan pelajar berkembang ke arah yang semakin bebas. Berbagai upaya telah dilakukan demi mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Sementara segregasi kelas berbasis gender diketahui sebagai bentuk pemisahan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan selama pembelajaran. MTs Negeri 1 Kota Blitar merupakan madrasah tsanawiyah favorit di Kota Blitar yang diketahui telah menerapkan sistem tersebut. Pihak madrasah mengakui bahwa hal tersebut cukup efektif dalam mencegah perilaku negatif antar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) sejarah, (2) bentuk pelaksanaan, berikut (3) implikasi dari diterapkannya segregasi kelas berbasis gender di MTs Negeri 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sementara untuk lokasi penelitian mengambil di MTs Negeri 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Sedang untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sejarah diterapkannya segregasi kelas berbasis gender di MTs Negeri 1 Kota Blitar adalah murni untuk menerapkan syariat agama Islam. (2) Segregasi tersebut dilakukan madrasah dengan cara memisahkan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan selama pembelajaran namun dengan tetap berada dalam satu lokasi yang sama. Sementara untuk pelaksanaan kegiatan lain seperti ekstrakurikuler dan organisasi secara umum masih digabung. Meskipun dilakukan pemisahan, namun tidak ada perbedaan perlakuan yang diberikan madrasah terhadap peserta didik, baik laki-laki maupun perempuan. (3) Beberapa implikasi positif telah berhasil dicapai madrasah dengan adanya sistem tersebut, di antaranya akhlak peserta didik yang kian terjaga, prestasi peserta didik berkembang secara lebih optimal, pembelajaran berlangsung secara lebih maksimal, dan lain sebagainya. Sementara untuk implikasi negatif di antaranya pergaulan peserta didik yang terbatas, peserta didik tidak mengetahui pola pikir dari lawan jenis, serta pembelajaran dirasa berlangsung lebih ramai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education (Gender, Seksualitas dan Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:44
Last Modified: 30 Dec 2021 02:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item