Medari, Rachmad (2020) Penerapan Metode At-Tartil Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932120316 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932120316 bab1.pdf Download (298kB) |
|
Text
932120316 bab2.pdf Download (343kB) |
|
Text
932120316 bab3.pdf Download (198kB) |
|
Text
932120316 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
932120316 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932120316 bab6.pdf Download (54kB) |
|
Text
932120316 daftar pustaka.pdf Download (90kB) |
|
Text
932120316 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena ada satu metode membaca al- Qur’an yang sangat terstruktur pembelajrannya dan di terapkan di TPQ Nurul Hidayah. Metode at-Tartil juga dianggap sebagai metode yang mampu membarikan solusi bagi murid yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an karena di dalam metode tersebut sudah di siapkan kelas-kelas khusus untuk menagnaninya. Fokus penelitian ini: 1.Bagaimana pelaksanaan metode at-Tartil di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? 2. Faktor apa yang menyebabkan kesulitan membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? 3. Bagaimana cara mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi data-data penelitian mulai dari foto kegiatan penelitian dan hasil dari pedoman wawancara bersama Kepala TPQ, Guru, Murid dan Masyarakat sekitar TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo . Teknik analisa menggunakan pengumpulan data, pengelolaan data, mendeskripsikan dan yang terakhir adalah penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. pelaksanaan metode at-tartil di TPQ Nurul Hidayah di awali dengan metode Klasikal yaitu murid dijadikan satu untuk membaca do’a kemudian melanjutkan metode kelompok, yaitu murid masuk keruang kelas sesuai dengan kemampuan membacanya. 2. Faktor yang menyebabkan kesulitan membaca al-Qur’an adalah murid yang tidak mengeluarkan suaranya dengan maksimal dan murid memiliki daya ingat yang lemah. 3. Untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an TPQ Nurul
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:09 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2996 |
Actions (login required)
View Item |