Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri

Ma’mudah, Muchlisatul (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117216 prabab.pdf

Download (571kB)
[img] Text
932117216 bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932117216 bab2.pdf

Download (113kB)
[img] Text
932117216 bab3.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932117216 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
932117216 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
932117216 bab6.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932117216 daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932117216 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik guru yang belum maksimal, membuat siswa kurang memahami materi yang dipelajari dan karakteristik maupun gaya belajar siswa yang berbeda mengharuskan guru memahami semua siswa untuk memperlancar proses pembelajaran. Dari permasalahan tersebut berdampak kurangnya prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al qur’an hadis. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran al qur’an hadis di MTs Al Muttaqin Plemahan Kediri?, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al qur’an hadis di MTs Al Muttaqin Plemahan Kediri?, 3) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al qur’an hadis di MTs Al Muttaqin Plemahan Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi, dengan populasi siswa kelas VIII MTs Al Muttaqin Plemahan yang berjumlah 103 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 78, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi (raport siswa semester I). Analisis data diawali dengan tabulasi data, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang berisi uji f, analisis regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru al qur’an hadis di MTs Al Muttaqin Plemahan adalah baik, dengan nilai rata-rata (Mean) sebesar 93,45 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 78-96 (Baik), 2) Prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al Muttaqin Plemahan adalah sangat tinggi, dengan nilai rata-rata (Mean) sebesar 85,47 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 80-100 (Sangat Tinggi). 3) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran al qur’an hadis di MTs Al Muttaqin Plemahan dengan koefisien korelasi sebesar 0,662 jika dibuat dalam bentuk persen sebesar 66,2% dan 33,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:07
Last Modified: 27 Dec 2021 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item