Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah

Fauziya, Ulfatul (2020) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113916 prabab.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932113916 bab1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932113916 bab2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932113916 bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
932113916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
932113916 bab5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932113916 bab6.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932113916 daftar pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Guru atau pendidik merupakan pemeran utama dalam kegiatan pembelajaran dan memegang peranan penting yang menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan di madarasah. guru harus mampu memberikan penanaman pembelajaran akhlak dalam diri siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut guru harus memiliki beberapa strategi. Strategi tersebut dapat diaplikasikan dalam hal pembelajaran mapun kegiatan sekolah seperti kegiatan keagamaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di MA. Sunan Gunung Jati Gurah? 2) apa saja kendala guru akidah akhlak dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di madrasah aliyah sunan gunung jati gurah ? Penelitian ini mengunakan pendekatan studi kasus dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilaksanakan di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah pada bulan Februari 2020 – Agustus 2020. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model dari Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jatii Gurah yaitu : 1) Pada penerapan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kegiatan keagamaan dapat di terapkan melalui beberapa strategi yaitu : strategi berbasis masalah. strategi ini dapat diaplikasikan melalui pengarahan dan pengalaman; strategi kontekstual. Strategi ini dapat diaplikasikan dalam bentuk pemberian keteladan serta tanggung jawab kepada peserta didik; strategi afektif. Dapat diaplikasikan melalui pemberian sanksi atau hukuman bagi siswa yang melanggar; 2) pada tahap Kendala Guru akidah akhlak dalam meningkatkan kegiatan keagamaan dapat diketahui berupa: sarana dan prasarana yang masih kurang memadahi; siswa yang suka gaduh saat proses; dan siswa yang sering membolos.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:17
Last Modified: 22 Dec 2021 04:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item