Riswari, Ane Fitri (2020) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Melalui Budaya Literasi Di MA Arrahmah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109514 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109514 bab1.pdf Download (356kB) |
|
Text
932109514 bab2.pdf Download (385kB) |
|
Text
932109514 bab3.pdf Download (256kB) |
|
Text
932109514 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
932109514 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
932109514 bab6.pdf Download (97kB) |
|
Text
932109514 daftar pustaka.pdf Download (236kB) |
|
Text
932109514 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Ma Arrahmah mengalami problem-problem seperti, ada yang diam, ada yang malas, ada yang bandel dan terlihat masih kurang berminat dalam membaca materi Sejarah Kebudayaan Islam. Penulis membahas tentang budaya literasi yang berjalan di Ma Arrahmah untuk melihat perkembangan kurikulum 2013 ini. Literasi sekolah sendiri adalah kemampuan mengakses, memahami dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan ataupun aktivitas, antara lain membaca, menyimak, melihat, menulis dan berbicara. Ada dua fokus penelitian yaitu: upaya guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan prestasi siswa melalui budaya literasi, faktor pendukung dan penghambat guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan prestasi siswa melalui budaya literasi Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Dalam pelaksanaannya, guru mendesain perencanaan menjadi aktivitas-aktivitas di dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan dan tetap ikut aktif dalam setiap pembelajaran, aktivitas tersebut diantaranya : Memberikan stimulus, membentuk kelompok, mempresentasikan, merefleksikan, dan pemberian soal-soal terkait materi. 2) Implementasi Budaya Literasi dalam pengajaran pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam belum dilakukan secara maksimal karena beberapa faktor diantaranya buku penunjang di perpustakaan yang belum begitu banyak, masih ada siswa yang memiliki minat membaca rendah, beberapa siswa masih kesulitan dalam pengerjaan tugas secara berkelompok.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 10:13 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 10:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2966 |
Actions (login required)
View Item |