Qodariyati, Amanah (2020) Implementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Pada Santri Putri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108516 prabab.pdf Download (648kB) |
|
Text
932108516 bab1.pdf Download (530kB) |
|
Text
932108516 bab2.pdf Download (473kB) |
|
Text
932108516 bab3.pdf Download (204kB) |
|
Text
932108516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932108516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text
932108516 bab6.pdf Download (4kB) |
|
Text
932108516 daftar pustaka.pdf Download (127kB) |
|
Text
932108516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran strategis dalam membina, membentuk, mencetak generasi bangsa, dan penerus ulama. Penelitian ini menjawab fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan metode amtsilati dalam membaca kitab kuning pada santri putri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, 2) Bagaimana pelaksanaan metode amtsilati dalam membaca kitab kuning pada santri putri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, 3) Bagaimana evaluasi metode amtsilati dalam membaca kitab kuning pada santri putri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data kemudian ditarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi diantaranya trianggulasi sumber, trianggulasi metode, dan trianggulasi peneliti. Adapun tahap penelitiannya dimulai dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan metode amtsilati terdiri dari empat tahapan: membuat target pembelajaran, mempersiapkan pengajar, mempersiapkan bahan ajar dan mempersiapkan alat evaluasi. 2) Pelaksanaan metode amtsilati dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh KH Taufiqul Hakim selaku pengarang metode amtsilati dan terdapat pembelajaran lain yang mendukung keberhasilan metode amtsilati: bandongan, lalaran, takroran, sorogan, murajaah, musyawarah, dan setor PR. 3) evaluasi metode amtsilati terbagi menjadi tiga tahapan: evaluasi lisan, evaluasi tulis, dan setor PR yang mana setiap evaluasi memiliki standart kelulusan yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 10:10 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 10:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2964 |
Actions (login required)
View Item |