Pengaruh Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Ngadiluwih Kediri

Fernanda, Ima Septia (2020) Pengaruh Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106916 prabab.pdf

Download (470kB)
[img] Text
932106916 bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106916 bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106916 bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932106916 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
932106916 bab6.pdf

Download (60kB)
[img] Text
932106916 daftar pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932106916 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah guru. oleh karena itu, guru yang baik adalah guru yang memiliki 4 kompetensi diantarannya kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar sedangkan kompetensi professional adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru, sehingga dapat membimbing peserta didik mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1. pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar siswa, 2. pengaruh kompetensi profesionaal guru PAI terhadap motivasi belajar siswa, 3. pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngadiluwih berjumlah 352 dan sampel yang digunakan berjumlah 187 yang diambil melalui teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket kompeetensi sosial guru, angket kompetensi profesional guru dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi 0,851 dan koefisien determinasi 72,4%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak (2) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi 0,826 dan koefisien determinasi 68,2%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak (3) terdapat pengaruh kompetensi sosial guru dan kompetensi profesional terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi 0,86 dan koefisien determinasi 74,9%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:09
Last Modified: 21 Dec 2021 10:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item