Ha'yati, Sukma Nur (2020) Perilaku Pedagang Buah Di Pasar Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931319613 prabab.pdf Download (729kB) |
|
Text
931319613 bab1.pdf Download (191kB) |
|
Text
931319613 bab2.pdf Download (266kB) |
|
Text
931319613 bab3.pdf Download (156kB) |
|
Text
931319613 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text
931319613 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text
931319613 bab6.pdf Download (93kB) |
|
Text
931319613 daftar pustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
931319613 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
Abstract
Perilaku berarti kelakuan, perbuatan, sikap, termasuk di dalamnya cara berbicara, caramelakukan sesuatu, dan bereaksi terhadap segala sesuatu. Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis dan perdagangan, sehingga tidak sedikit kita temui di masyarakat yangmenggunakan segala cara, bahkan dengan perilaku yang menyimpang dari koridor Islam sehingga merugikan pihak lain (pembeli). Etika bisnis islam mengatur aktifitas bisnis manusia yang berpedoman pada nilainilaiislam perspektif al-qur’an dan hadits, oleh karenanya pengetahuan akan etika bisnis islam mutlak harus dimiliki oleh setiap pedagang/pebisnis, terutama pada pedagang muslim. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perilaku pedagang buah di Pasar Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk secara umum dan kesesuaiannya dengan etika bisnis islam. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian kualitatif, dengan menggunakan tigametode pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukanpengecekan ulang terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan triangulasi, dengantujuan untuk mendapat kevalidan data. Setelah itu peneliti menganalisis denganmenggunakan reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain : Pedagang buah di pasar Warujayeng melakukan kulak barang dari pasar Ngronggo, agen, maupun dari petani. Dalam memilih barang dagangan yaitu hanya dikira-kira menurut kualitas fisik buah, namun untuk buah impor tidak bisa memilih karena sudah dibungkus dalam box/kardus. Untuk menetapkan harga para pedagang mengikuti harga pasaran. Cara pedagang dalam menawarkan buah /dagangannya dengan ucapan. Terdapat beberapa cara pedagang dalam melayani pembeli, seperti memberikan bonus kepada pembeli. Perilaku pedagang buah di pasar warujayeng beberapa masih terdapat tidak sesuai dengan etika bisnis islam, yakni adanya pedagang yang memasang timbangannya tidak sesuai, dan beberapa pedagang juga telah mencampurkan buah yang kualitasnya bagus dengan buah yang kualitasnya kurang bagus.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 23:48 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 23:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2884 |
Actions (login required)
View Item |