حتليل كتاب تعليم اللغة العربية للدكتور د. هداية على نظرية انصر عبدهللا الغايل البحث العلمي

Chaq, Arinil (2020) حتليل كتاب تعليم اللغة العربية للدكتور د. هداية على نظرية انصر عبدهللا الغايل البحث العلمي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932506516 prabab,1,2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932506516 3,4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
932506516 5,dp.pdf

Download (474kB)
[img] Text
932506516 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)

Abstract

Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Karya DR. D. Hidayat menurut teori Nashir Abdullah Al-Ghaly : Buku ajar merupakan salah satu komponen wajib dalam proses pembelajaran. Buku ajar dianggap baik jika kriteria dan penyusunannya sesuai menurut pakar dalam bidangnya. Buku ajar bahasa Arab karya DR. D. Hidayat merupakan salah satu buku yang disusun untuk membantu proses pembelajaran Bahasa Arab. Menurut data yang dihimpun peneliti, buku ajar ini merupakan salah satu buku ajar yang best seller. Sesuai arti, buku best seller merupakan buku yang banyak dicari orang dan direkomendasikan. Dari data tersebut, kemudian dapat disimpulkan bahwa buku ajar ini merupakan buku ajar yang baik dari segi empiriknya. Penelitian ini membahas kriteria dan penyusunan buku ajar bahasa Arab karya DR. D. Hidayat dari segi teoritisnya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana karakteristik buku ajar yang baik?, 2) Bagaimana kesesuaian penyusunan buku ajar bahasa Arab karya DR. D. Hidayat menurut teori Nashir Abdullah Al-Ghaly?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang meneliti dokumen. Sumber data berupa data primer dan data sekunder yang didapatkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) buku ajar bahasa Arab karya DR. D. Hidayat termasuk buku ajar yang baik dari segi isi buku ajar, ketepatan cakupan, ketercernaan materi, penggunaan bahasa, perwajahan atau pengemasan, ilustrasi dan kelengkapan komponen. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu adanya penyajian materi yang tidak runtut pada materi tambahan, adanya pewarnaan gambar dalam buku yang tidak konsisten, dan format kamus yang disusun menurut abjad bukan menurut tema. 2) buku ajar bahasa Arab karya DR. D. Hidayat termasuk buku ajar yang baik menurut teori Nashir Abdullah Al-Ghaly dari segi asas kebudayaan dan sosial, asas psikologis, dan asas kebahasaan dan pendidikan. Namun ada hal yang perlu dipertimbangkan dalam asas pendidikan dan kebahasaan yaitu latihan pada maharah istima' yang tidak berkelanjutan, karena hanya ada satu latihan di setiap dua tema/judul.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:01
Last Modified: 25 Nov 2021 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item