Izza, Aqidatul (2020) العالقة بني كفاءة القواعد و استيعاب ادلفردات مع فهم النصوص العربية لطالبات ادلدرسة ادلتوسطة اإلسالمية يف الصف الثالث مبعهد ادلنورة جومبانج. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932504816 prabab,1,2,3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932504816 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
|
Text
932504816 6,dp.pdf Download (546kB) |
|
Text
932504816 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
Abstract
Kemampuan Bahasa Arab yang dimiliki santri Pondok Pesantren Al-Munawwaroh tergolong sangat memuaskan dan unggul. Hal ini dikarenakan, bahwa pembelajaran qawa’id dan mufradat pada Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Jombang sangatlah konsisten dan terprogram. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi dari kedua kemampuan tersebut terhadap kemampuan memahami teks Arab santri kelas III Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif menurut teori Suharsimi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan. Penelitian korelasi juga bertujuan untuk membandingkan hasil pengukuran antara kemampuan qawa’id penguasaan mufrodat sehingga dapat diketahui variabel yang berkontribusi besar terhadap kemampuan memahami teks Arab santri kelas III Madrasah Tsanawiyah Pondok Al-Munawwaroh. Sampel yang digunakan terdiri dari 36 sampel. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan instrumen yang berupa soal pilihan ganda, sedangkan penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji regresi linier berganda dan kontribusi efektif. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment menunjukkan bahwa: 1) Perolehan nilai rxy pada kemampuan qawa’id terhadap kemampuan memahami teks Arab sebesar 0,877 artinya semakin tinggi nilai qawa’id maka semakin tinggi pula pemahaman teks Arab. 2) Nilai rxy Penguasaan mufrodat santri terhadap kemampuan memahami teks Arab sebesar 0,819 artinya semakin tinggi penguasaam mufrodat maka semakin tinggi pula pemahaman teks Arab.3) Hasil nilai probabilitas (Sig. F Change) = 0,000. Karena nilai Sig. F Change 0,000 < 0,05, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima dan dengan nilai korelasi koefisien 0,878. Sementara itu, besarnya kontribusi pada variabel Kemampuan Qawa’id 68% dan Penguasaan Mufradat 9% terhadap Kemampuan Memahami Teks Arab adapun secara simultan atau R2 adalah 77,2%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040904 'Ilmu al-Dalalah (Arabic Semantics); (Makna Bahasa Arab) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 02:43 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 02:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2817 |
Actions (login required)
View Item |