Gaya Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Penyandang Tuna Rungu Yang Berprestasi di Kabupaten Nganjuk

MAFTUHAH, AYYI PUJIATI (2017) Gaya Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Penyandang Tuna Rungu Yang Berprestasi di Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Halaman Pengesahan lengkap.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I revisi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV revisi FIKS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB V revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR KONSULTASI PENYELESAIAN SKRIPSI_Temuan Penelitian BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyandang tunarungu pada hakekatnya sama seperti orang normal yang memiliki kebutuhan dan tugas-tugas perkembangan. Pendidikan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar penyandang tunarungu dapat berkembang secara optimal dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-harinya. Intervensi sejak dini pada anak tunarungu sangat tergantung ayah dan ibunya. Jika orang tua dapat segera menerima kondisi anaknya, dan menumbuhkan sikap positif. Maka orang tua akan mencurahkan segala kemampuan untuk melakukan stimulasi-stimulasi tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin. Secara empiris sudah terbukti dukungan orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang anak, bahkan mendorong kemampuan maksimal anak untuk berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya pengasuhan orang tua pada anak penyandang tunarungu yang berprestasi di kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menetapkan dengan sengaja satu sekolah luar biasa SLB tipe B di Kabupaten Nganjuk dengan tujuan mempersempit dan mempercepat proses pencarian sampel, setelah mendatangi semua SLB tipe B akhirnya SLB tipe B yang memenuhi persyaratan penelitian hanya SLBB Shanti Kosala Mastrip. Selanjutnya dilakukan pemilihan informan penelitian dengan teknik purposive sampling. Peneliti mendapatkan data siswa tuna rungu yang memiliki prestasi pada bidang masing-masing. Setelah meminta izin terhadap informan terpilih sebanyak enam orang tua yang bersedia menjadi informan. Sumber data primer didapatkan melalui wawancara langsung dengan informan. Pendekatan penelitian memakai pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data secara induktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Gaya pengasuhan orang tua pada informan menggunakan pola asuh demokratis, namun tidak serta merta informan konsisten menggunakan pola asuh yang sama setiap waktu. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya pengasuhan orang tua dipengaruhi oleh (a) faktor tingkat pendidikan orang tua anak tuna rungu. Hasil penelitian ini menunjukkan latarbelakang pendidikan sebagian besar informan adalah sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), hanya ibu BAG saja yang berpendidikan Sarjana. Latar belakang pendidikan paling rendah SD hanya ibu dari MTH. Selanjutnya pada (b) faktor lingkungan tempat tinggal RDO, MTH, NAD, BAG tinggal berjalan seperti biasanya, masyarakat sudah menerima. Hanya RDC dan MFR yang awalnya mendapatkan penolakan dari keluarga besar sendiri dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:29
Last Modified: 20 Mar 2019 07:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item