Ismakanito, Befryan (2020) Propaganda Politik Dalam Kampanye Pilpres 2019 Di Media Instagram @Sewordofficial_. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933501114 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933501114 bab1.pdf Download (699kB) |
|
Text
933501114 bab2.pdf Download (620kB) |
|
Text
933501114 bab3.pdf Download (210kB) |
|
Text
933501114 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933501114 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
Text
933501114 bab6.pdf Download (185kB) |
|
Text
933501114 daftar pustaka.pdf Download (309kB) |
|
Text
933501114 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Abstract
Kontestasi Pemilu selalu identik dengan kampanye, selain itu adapula Propaganda. Propaganda merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang atau sebuah organisasi untuk mempengaruhi manusia. Propaganda politik dapat merupakan kegiatan komunikasi politik yang dilakukan secara terencana dan sistematik untuk mempengaruhi massa atau khalayak agar melakukan hal-hal dalam propaganda tersebut. Pada masa ini, propaganda erat kaitannya dengan media, terutama media sosial. Instagram selaku salah satu media sosial terbesar misalnya. Pemanfaatan media sosial seperti instagram ini juga dimanfaatkan oleh seword dalam media instagramnya yaitu @sewordofficial_. Seword merupakan media opini terbuka yang berisi konten berupa tulisan yang ditulis oleh pihak seword maupun penulis lepas. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, karena bertujuan untuk mendeskripsikan propaganda politik dalam kampanye di akun media @sewordofficial_. Kemudian penulis memilih menganalisis menggunakan analisis wacana Teun A. van Djik. Analisis ini dilakukan tidak hanya di teks saja, melainkan dalam dimensi kognisi sosial dan konteks sosial. Hasil penelitian ini adalah bahwa propaganda politik dalam kampanye pilpres di akun instagram @sewordofficial_ ini ditinjau dari segi teks terdapat pesan propaganda yang termuat dalam narasi teks yang tercantum. Dalam sisi kognisi sosial, disorot tentang peran media @sewordofficial_ dalam penyampaian informasi yang tidak seimbang dalam kontennya. Sedangkan dalam konteks sosial, diperoleh bagaimana akun @sewordofficial_ memberi ruang kepada penulisnya untuk mengutarakan pendapatnya yang dinilai penulis kurang seimbang dalam penulisannya. Selain itu dalam sisi propaganda, termasuk dalam propaganda politik dengan didukung berbagai unsur di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1606 Political Science > 160605 Environmental Politics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 05:31 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 05:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2688 |
Actions (login required)
View Item |