Kholifah, Imroatun Nur (2021) Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100317 - prabab,1,2,3.pdf Download (2MB) |
|
Text
932100317 4,5.pdf Download (673kB) |
|
Text
932100317 6,dp.pdf Download (527kB) |
|
Text
932100317 lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur‟an termasuk dalam bentuk pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah. Seorang pendidik diharapkan mampu membentuk siswa menjadi pribadi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur‟an merupakan kitab suci yang di dalamnya terdapat nilai-nilai yang penting untuk dijadikan suri teladan maupun pedoman bagi umat Islam dalam segala aspek kehidupan. Dengan demikian seorang guru harus mengadakan perhatian lebih untuk siswa yang beragama Islam untuk belajar dan memahami Al-Qur‟an. Sehingga fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri? 2) Bagaimana pelaksanaan Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri? 3) Bagaimana evaluasi Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri. Data yang didapatkan melalui kepala sekolah, koordinator Metode Ummi, Guru Metode Ummi, dan beberapa siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil penelitian yaitu : 1) perencanaan Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri: Menentukan desain posisi pembelajaran membaca Al�Qur‟an, Menentukan waktu pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur‟an, Menentukan jumlah siswa dalam 1 kelompok pembelajaran membaca Al-Qur‟an, Menentukan target pembelajaran membaca Al-Qur‟an, Menentukan model pembelajaran membaca Al-Qur‟an. 2) Pelaksanaan Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri: Mengelola kelompok pembelajaran membaca Al-Qur‟an, Media Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an, Tahapan Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an, Target yang dicapai dalam Pembelajaran Metode Ummi, Model pembelajaran Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an. 3) Evaluasi Metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an pada siswa SD Islam Al Huda 2 Kota Kediri: Evaluasi harian, Evaluasi Mingguan, Evaluasi kenaikan jilid, Evaluasi Akhir.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |