Fadhillah, Nur Laili (2021) Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Qur’anan ‘Arobiyya Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932125917 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932125917 BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
932125917 BAB II.pdf Download (294kB) |
|
Text
932125917 BAB III.pdf Download (450kB) |
|
Text
932125917 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
932125917 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
932125917 BAB VI.pdf Download (898kB) |
|
Text
932125917 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text
932125917 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
Abstract
Penelitian berawal dari banyaknya kegiatan yang membuat santri Tahfidz tidak bisa membagi waktu sehingga timbullah suatu masalah yang menjadi problematika dalam menghafal.Selain itu, berbagai masalah juga timbul dari beberapa faktor, yaitu faktor internal (dalam diri santri) dan faktor eksternal (luar diri santri).Dari kedua faktor itulah yang menjadikan suatu problematika santri dalam menghafal Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika santri dalam menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Qur’anan ‘Arobiyya. Akan tetapi penelitian ini lebih fokus pada apa faktor yang mempengaruhi santri dalam menghafal serta bagaimana solusi yang diberikan untuk mengatasi faktor yang mempengaruhi santri dalam menghafal Al-Quran. Penelitian ini penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik wawancara informan yang menyangkut penelitian ini dan dapat diwawancarai adalah Pengasuh pondok, pengurus pondok, dan santri putra dan putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor internal yang mempengaruhi santri dalam menghafal adalah lupa, kurang percaya diri dan niat yang salah. Sedangkan faktor eksternal adalaha ayat Al-Quran yang sama, tidak bisa membagi waktu, pengaruh dari teman, lingkungan keluarga, sering main handphone. Sedangkan solusi yang digunakan untuk mengatasi faktor internal yaitu lupa, dengan sering murajaah; kurang percaya diri, hal ini juga membutuhkan dorongan dan motivasi dari orang lain; niat yang salah, dengan memperbarui niat dan perkuat niat yang benar. Sedangkan solusi untuk faktor eksternal yaitu ayat yang sama, dengan cara memberi tanda pada ayat yang sama; tidak bisa membagi waktu, membuat susuna kegiatan atau bahkan memberikan waktu khusus untuk menghafal dan melakukan kegiatan lainnya; pengaruh teman, tidak mudah terpengaruh teman dan menghindari atau mengurangi ajakan teman yang mengarah pada keburukan; lingkungan keluarga, sebisa mungkin mengontrol diri sendiri; sering main handphone, dengan mengurangi pemakaian handphone, menggunakan ketika dibutuhkan atau menggunakann handphone seperlunya saja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:45 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2598 |
Actions (login required)
View Item |