Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 5 Kediri

Munif, Abdul (2021) Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137017 prabab.pdf

Download (374kB)
[img] Text
932137017 BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
932137017 BAB II.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932137017 BAB III.pdf

Download (71kB)
[img] Text
932137017 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
932137017 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
932137017 BAB VI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932137017 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
932137017 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi merupakan rancangan yang dilakukan untuk mengendalikan tindakan supaya dapat mencapai tujuan. Guru tidak pernah lepas dari adanya strategi pembelajaran untuk mencapai sasaran yang ingin diharapkan. Namun pada pembelajaran SKI yang dilakukan secara daring terdapat permasalahan yang dialami peserta didik sehingga tidak bisa belajar dengan baik seperti malas, sulit mempelajari, maupun lupa materi. Dari permasalahan peserta didik memicu timbul kesulitan belajar yang berdampak hasil belajarnya menjadi tidak baik. Melihat permasalahan tersebut yang dilakukan guru SKI agar belajar peserta didik menjadi baik perlu adanya strategi guna untuk mengatasi kesulitan belajar SKI. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Apa saja kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 5 Kediri?, (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 5 Kediri?, (3) Bagaimana perencanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 5 Kediri?, (4) Bagaimana metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 5 Kediri?. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan penelitian, perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan fokus penelitian bahwa hasil dari penelitian sebagai berikut (1) kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 5 Kediri yaitu malas belajar, sulit memahami materi, dan sering tidak bisa mengikuti pembelajaran daring, (2) faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik yaitu kurangnya motivasi belajar, sulit mengolah bahan ajar, kurang percaya diri, kebiasaan belajar tidak baik, keterbatasan fasilitas belajar, dan pengaruh dari teman belajar, (3) menentukan tujuan pembelajaran, menentukan metode dan media pembelajaran, mengelola pembelajaran dengan menentukan jadwal pembelajaran, dan menyiapkan bahan evaluasi, (4) strategi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu memberikan motivasi belajar, menggunakan media pembelajaran seperti PPT dan video sesuai materi, memberikan tugas peta konsep, memberikan tugas latihan, dan memberikan remidial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:53
Last Modified: 28 Sep 2021 02:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item