Konsep Pendidikan Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya dalam Kurikulum 2013

Hanafi, Ahmad (2021) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya dalam Kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112014 prabab.pdf

Download (649kB)
[img] Text
932112014 BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932112014 BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932112014 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
932112014 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
932112014 BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932112014 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini membahas pendidikan karakter menurut imam al-ghazali Kajiannya dilatar belakangi karya Imam Al-Ghazali yang sangat signifikan dengan tuntutan pendidikan karakter era modern. karakter merupakan ruh bagi setiap insan. Dengan karakter, manusia bisa menggapai kebahagiaan. Dan jika kehilangan jiwa jiwa yang berkarakter, maka ruhani manusia akan mati. Karenanya, karakter merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan ia merupakan bagian inti dalam agama islam dan didalam sebuah pendidikan. Karena keberadaan karakter yang begitu penting, maka ilmu yang membahas tentang karakter pun menjadi sangat penting. Bahkan ilmu tersebut termasuk salah satu ilmu yang wajib dipelajari, untuk mewujudkan kesempurnaan karakter, demi menggapai kebahagiaan yang haqiqi di dunia dan di akhirat. Adapun tujuan penelitian ini yakni mengetahui konsep pendidikan karakter menurut imam al-ghazali dan untuk mengetahui seperti apa relevansi pendidikan karakter imam al-ghazali dengan kurikulum 2013.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi yang dibagi menjadi data primer dan sekunder. Sedangkan tekhnik analisisnya menggunakan analisis isi dan interpertasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter Imam Al�Ghazali bertujuan untuk menggapai Ridho Allah Subhanahu wata‟ala. pendidikan karakter memiliki 3 dimensi. dimensi diri sendiri, dimensi sosial dan dimensi metafisis. Adapun Metode pendidikan karakter yang dipaparkan oleh beliau diantarnaya: metode keteladanan, tajribah riyadhoh, mujahadah. adapun ruang lingkup dalam pendidikan karakter meliputi: hifdu ad-din, hifdun an-nafs, hifdun al-aql, hifdu al an-nasl dan hifdu al-mal. Pendidikan Karakter Kajian Pemikiran Imam Al-Ghazali sangat relevan dengan tujuan kurikulum 2013 diantaranya mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara inonesia yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, bangsa, bernegara, dan peradapan dunia. Terkait satu hal lagi yang paling relevan adalah tentang karakteristik kurikulum 2013, diantaranya : mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual fdan psikomotorik. mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:40
Last Modified: 28 Sep 2021 02:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item