Mustofa, M Sazili (2021) Implementasi Metode Amsilati Dalam Membaca kitab Kuning Pada Santri Putra Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amsilati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136317 prabab,1,2,3.pdf Download (958kB) |
|
Text
932136317 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
|
Text
932136317 6,dp.pdf Download (114kB) |
|
Text
932136317 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan penulis terhadap fanomena sulitnya mempelajari baca kitab kuning dipesantren, sehingga banyak santri yang masih kesulitan membaca kitab kuning meskipun sudah lama belajar. Oleh karenanya penulis tertarik untuk meneliti salah satu pesantren di Kediri yakni Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amsilati yang menurut informasi tingkat keberhasilam santrinya dalam membaca kitab kuning sudah teruji dan terkesan singkat bahkan bisa ditempuh hanya beberapa bulan saja. Ternyata PPHM Amsilati di Kediri ini mengaplikasikan metode praktis dalam mendalami al quran dan membaca kitab kuning, yaing dicetuaskan oleh KH Taufiqul Hakim Pesantren Darul Falah Bangsri Jepara. Berangkat dari hal tersebut, penulis ingin menelaah lebih mendalam mengenai : 1) Bagaimana perencanaan metode amtsilati dalam membaca kitab kuning pada santri putra di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, 2) Bagaimana pelaksanaan metode amtsilati dalam membaca kitab kuning pada santri putra di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, 3) Bagaimana evaluasi metode amtsilati dalam membaca kitab kuning pada santri putra di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data kemudian ditarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi diantaranya trianggulasi sumber, trianggulasi metode, dan trianggulasi peneliti. Adapun tahap penelitiannya dimulai dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan metode amtsilati terdiri dari lima tahapan: membuat pemetaan kelompok santri amsilati, membuat target pembelajaran, mempersiapkan pengajar, mempersiapkan bahan ajar dan mempersiapkan alat evaluasi. 2) Pelaksanaan metode amtsilati dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh KH Taufiqul Hakim selaku pengarang metode amtsilati dan terdapat pembelajaran lain yang mendukung proses keberhasilan metode amtsilati: bandongan, lalaran, takroran, sorogan, murajaah, musyawarah, dan setor PR. 3) evaluasi metode amtsilati terbagi menjadi tiga tahapan: evaluasi lisan, evaluasi tulis, dan setor PR yang mana setiap evaluasi memiliki standart kelulusan yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:47 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2569 |
Actions (login required)
View Item |