Korelasi Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 3 Kediri

Hajar, Siti (2021) Korelasi Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104617 prabab,1,2,3.pdf

Download (656kB)
[img] Text
932104617 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
932104617 6,dp.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932104617 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif agar pendidikan tetap berjalan. Oleh karena itu, sekolah, guru, siswa harus beradaptasi dengan pembelajaran ini. Sehingga minat belajar dan hasil belajar siswa harus tetap terjaga. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 3 Kediri, 2) Korelasi minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 3 Kediri, 3) Korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi, dengan populasinya kelas VIII MTsN 3 Kediri yang berjumlah 311, sehingga diperoleh sampel sebesar 173. Pengambilan sampel menggunkan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh 1) Terdapat korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Kediri. Dengan nilai rhitung>rtabel (0,171>0,1255) dan variabel persepsi hanya berkontribusi sebesar 2,9% terhadap hasil belajar siswa, dalam artian antara variabel persepsi dengan minat belajar berkorelasi positif dan termasuk dalam kategori sangat lemah. 2) Terdapat korelasi minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Kediri. Dengan nilai rhitung>rtabel (0,271>0,1255), dan variabel minat belajar hanya berkontribusi sebesar 7,3% terhadap hasil belajar siswa. Dalam artian antara variabel minat belajar dengan hasil belajar berkorelasi positif dan termasuk dalam kategori korelasi yang lemah. 3) Terdapat korelasi persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Kediri. Dengan nilai fhitung>ftabel (6,765>3,049), dan variabel persepsi siswa dan minat berkontribusi sebesar 7,4% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:31
Last Modified: 27 Sep 2021 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item