Korelasi Antara Minat Belajar Dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri

Najib, Muhammad 'Ainun (2021) Korelasi Antara Minat Belajar Dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108816 prabab,1,2,3.pdf

Download (831kB)
[img] Text
932108816 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
932108816 6, dp.pdf

Download (49kB)
[img] Text
932108816 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalaah penelitian kuantitatif dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung? (2) Bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung? (3) Adakah korelasi antara minat belajar denagan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Dalam penelitian ini populasi yang berjumlah 122 peserta didik kelas VIII diambil data dari 55 peserta didik digunakan sebagai sampel untuk diteliti. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan rumus statistik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs Mujahidin termasuk dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII di MTs Mujahidin dalam kategori tinggi. (3) Terdapat korelasi yang kuat antara minat belajar dengan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung. Ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik teknik analisis korelasi product moment antara variabel minat belajar dan kedisiplinan belajar didapatkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) ebesar 0,000 < 0,05, r hitung sebesar 0,643 > r tabel 0,260. Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:33
Last Modified: 20 Sep 2021 04:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item