Penerapan Metode Jami’ati Pada Pembelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al�Qur’an Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2019/2020

Nadzilah, Vitrotul (2021) Penerapan Metode Jami’ati Pada Pembelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al�Qur’an Mahasiswa IAIN Kediri Angkatan 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108817 prabab.pdf

Download (824kB)
[img] Text
932108817 1,2,3.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932108817 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
932108817 6,dp.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932108817 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perencanaan pembelajaran BTQ menggunakan metode jami‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2019/2020, dan mengetahui 2) pelaksanaan pembelajaran BTQ menggunakan metode jami‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2019/2020, dan untuk mengetahui 3) evaluasi pembelajaran BTQ menggunakan metode jami‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2019/2020. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aanalisis data dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran BTQ menggunakan metode jami‟ati pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2019/2020 meliputi tutor mempersiapkan materi yang akan disampaikan disetiap pertemuan dan tutor merencanakan teknik evaluasi pada setiap pertemuannya dengan melihat kemampuan murid/mahasiswanya. 2) pelaksanaan pembelajaran BTQ menggunakan metode jami‟ati pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2019/2020, langkah-langkahnya yaitu membuka dengan salam, membaca hadloroh/tawasul, membaca surat Al-Fatihah, membaca do‟a sebelum ta‟lim, membaca bersama-sama guru memberi contoh mahasiswa menirukan (klasikal), setoran individu meliputi setoran membaca atau mengaji dan hafalan surah-surah pendek, kitabah atau menulis, setelah itu ditutup dengan membaca do‟a setelah ta‟lim dan diakhiri dengan salam. Dan terdapat hambatan dalam pelaksanaan yang dialami oleh tutor dan mahasiswa yaitu mahasiswa beralasan tidak masuk kelas BTQ dikarenakan jam BTQ bentrok dengan jam mata kuliah lainnya dan mahasiswa merasa alokasinya waktu pembelajaran BTQ nya kurang. 3) evaluasi pembelajaran BTQ menggunakan metode jami‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada mahasiswa IAIN Kediri angkatan 2019/2020 meliputi evaluasi tiap pertemuan, evaluasi kenaikan jilid, evaluasi pra munaqosah, dan evaluasi akhir(munaqosah). Setelah mengikuti evaluasi, kemampuan mahasiswa menjadi semakin meningkat dalam hal tajwid dan makhorijul huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:43
Last Modified: 25 Aug 2021 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item