Pola belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kelurahan Tamanan)

Istikomah, Fijanati (2020) Pola belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kelurahan Tamanan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101016 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101016 bab1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932101016 bab2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
932101016 bab3.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932101016 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
932101016 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
932101016 bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932101016 daftar pustaka.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932101016 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Seluruh jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi (universitas) terpaksa belajar dari rumah untuk mencegah penularan Covid-19. Pola belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 ini perlu mendapat perhatian karena perubahan sistem pendidikan menjadi pembelajaran Daring (dalam jaringan internet). Terlebih hal ini berdampak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di jenjang Sekolah Dasar yang merupakan awal pembentukan aqidah. Siswa masih membutuhkan teladan dan pendampingan dari seorang guru. Penelitian ini bermaksud menggali lebih mendalam mengenai pola belajar siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana pola belajar siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi belajar siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19? 3) Bagaimana dampak pola belajar siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di Kelurahan Tamanan. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada beberapa siswa dan wali murid di lingkungan Kelurahan Tamanan. Analisis data penelitian ini menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dari: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) pola belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, meliputi: pola belajar mandiri, pola belajar terbimbing oleh orang tua, pola belajar terbimbing oleh saudara, pola belajar terbimbing oleh tutor bimbingan belajar (bimbel) atau les privat; 2) faktor yang mempengaruhi belajar siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: keadaan fungsi jasmani/ fisiologis, motivasi, sikap, minat, dan kebiasaan belajar. Faktor eksternal meliputi: faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat, dan faktor lingkungan alamiah; 3) dampak pola belajar siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19, yaitu: memerlukan waktu untuk beradaptasi, tidak fokus dalam belajar, jenuh, sosialisasi berkurang, dan kecanduan bermain smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:17
Last Modified: 18 Aug 2021 06:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item