Putri, Windy Fitria (2021) Upaya Pondok Pesantren Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jamal Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932122917 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932122917 1,2,3.pdf Download (258kB) |
|
Text
932122917 4,5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text
932122917 6,dp.pdf Download (134kB) |
|
Text
932122917 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena yang terjadi di Indonesia sekarang ini sangat memprihatinkan, pasalnya banyak moral, karakter anak bangsa yang merosot tajam, sehingga sering kali kita jumpai banyaknya kasus yang menceritakan tentang perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak atau peserta didik zaman sekarang khususnya. Oleh karena itu untuk menghadapi kondisi global tersebut tidak cukup bila hanya pendidikan yang diselenggarakan di sekolah formal sebagaimana kita tahu dalam sekolah formal lebih kepada sarana transfer ilmu belum pada tahap pembentukan karakter. Pondok pesantren muncul sebagai solusi dalam pembentukan karakter anak bangsa. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara non klasikal, dimana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santrinya berdasarkan kitab-kitab klasik. Dengan keberadaan santri selama 24 jam di pondok pesantren dapat membantu dalam mengawasi santri selama proses pembentukan karakter santri agar dapat berperan sebagai generasi muda yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus, dimana kehadiran peneliti sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa. 1) Upaya membentuk karakter religius pada santri dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi, metode belajar mengajar, metode kedisiplinan. 2) Upaya membentuk karakter jujur pada santri diterapkan metode memberikan contoh (teladan) perilaku, metode mengarahkan (memberikan bimbingan), memberikan motivasi kepada santri dan yang selanjutnya yaitu metode pembiasaan. 3) Upaya membentuk karakter disiplin pada santri diberlakukan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode teguran, metode penugasan dan metode nasihat. 4) Upaya membentuk karakter toleransi pada santri dilakukan dengan menggunakan metode pengajaran untuk selalu menghargai perbedaan, pembinaan nilai toleransi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:03 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 04:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2504 |
Actions (login required)
View Item |