Susanti, Rida Aprilia (2020) Regulasi Emosi Pada Taruna Pelayaran AMC Perguruan Tinggi Kedinasan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933402116 prabab.pdf Download (628kB) |
|
Text
933402116 bab1.pdf Download (197kB) |
|
Text
933402116 bab2.pdf Download (258kB) |
|
Text
933402116 bab3.pdf Download (179kB) |
|
Text
933402116 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text
933402116 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
933402116 bab6.pdf Download (88kB) |
|
Text
933402116 daftar pustaka.pdf Download (159kB) |
|
Text
933402116 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
Abstract
Perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan kementrian menjadi salah satu impian yang membanggakan menjadi seorang taruna yang berseragam, namun taruna juga memiliki tuntutan akademik, kondisi lingkungan dan peraturan asrama yang disiplin.Tuntutan ini dapat memicu timbulnya stress dan emosi negatif. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui Aspek- aspek regulasi emosi taruna (2) strategi meregulasi emosi pada taruna pelayaran AMC (3) Faktor- faktor yang mempengaruhi regulasi emosi taruna pelayaran AMC. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah taruna AMC sebanyak empat subjek. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aspek yang lebih dominan dimiliki subjek yaitu Acceptance of emotional Responses (penerimaan). Dari kelima strategi, taruna memilki strategi meregulasi emosi seperti pemilihan situasi, pengalihan perhatian, perubahan kognitif dan perubahan respon. Dalam hal faktor yang memengaruhi dukungan sosial keluarga dan kognitif memilki peran dalam meregulasi emosi, namun ada juga faktor lain yang mendukung regulasi emosi seperti religiusitas dan budaya yang diberpengaruh pada regulasi emosi subjek.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:11 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 04:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2503 |
Actions (login required)
View Item |