Adikerana, Rizal (2020) Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Penerimaan Teman Sebaya pada Siswa Kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933401615 prabab.pdf Download (384kB) |
|
Text
933401615 bab1.pdf Download (333kB) |
|
Text
933401615 bab2.pdf Download (266kB) |
|
Text
933401615 bab3.pdf Download (547kB) |
|
Text
933401615 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text
933401615 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text
933401615 bab6.pdf Download (197kB) |
|
Text
933401615 daftar pustaka.pdf Download (225kB) |
|
Text
933401615 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
Abstract
Penerimaan teman sebaya merupakan hal yang penting bagi remaja. Bagi mereka, penerimaan teman sebaya merupakan kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, remaja harus mampu menyesuaikan diri dengan kelompok teman sebaya mereka. Dalam konteks ini, kematangan emosi dibutuhkan oleh remaja agar remaja dapat diterima, tidak berperilaku impulsif yang dapat mengakibatkan penolakan oleh teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kematangan emosi siswa kelas X di SMA Dharma Wanita Pare. (2) Mengetahui tingkat penerimaan teman sebaya siswa kelas X di SMA Dharma Wanita Pare. (3) Mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita Pare. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penilitian ini berupa angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 57 orang yang merupakan siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi Pearson Product Moment. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kematangan emosi pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare sebesar 73,7% yang berarti kematangan emosi siswa tergolong sedang. (2) Tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare sebesar 71,9% yang berarti penerimaan teman sebaya siswa tergolong sedang. (3) Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa nilai sebesar 0,402 maka terdapat hubungan positif antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya, dimana semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi penerimaan teman sebaya. Nilai signifikannya adalah 0,002 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 05:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 05:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2500 |
Actions (login required)
View Item |