Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Badas

Muzamiroh, Mida Latifatul (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Badas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116717 - prabab, 1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932116717 0- 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
932116717 - 6, DP.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932116717 - lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Upaya merupakan suatu usaha, akal, ikhtiar untuk mencapai suatu maksud, memecahkan sebuah persoalan yang sedang terjadi, mencari jalan keluar. Guru pendidikan agama Islam memiliki tugas untuk memupuk dan meningkatkan serta memotivasi belajar siswa melalui media yang sekarang ini banyak digunakan untuk pembelajaran Daring seperti Zoom, WhatsApp, dan Google Classroom. Pada hal itu disebutkan dalam konteks penelitian mengenai upaya seorang guru PAI dalam meningkat motivasi belajar siswa pada masa pandemi salah satu diantara yaitu memberikan semangat dan motivasi kepada siswa agar siswa memiliki motivasi dalam belajar. Karena guru merupakan sosok penentu dalam kesuksesan dan keberhasilan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Badas. Salah satu cara yang logis untuk momotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Metodologi penelitian dalam judul upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Badas ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan dnegan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil dari penelitian deskriptif kualitatif mengungkapkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar dapat diketahui bahwasanya guru selalu memberikan motivasi, semangat belajar, memberikan reward serta arahan kepada siswa agar semangat belajarnya bertambah, akan tetapi disisi lain ada hambatan atau kendala dalam proses pembelajarn seperti ada salah satu siswa yang tidak memiliki HP untuk belajar, terkendala oleh jaringan internet, bahwakan HP nya bergantian dengan orang tuanya. Akan tetapi solusi dari adanya hal tersebut guru mendatangkan siswa kesekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka akan tetapi waktu pembelajaran hanya sebentar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya pemberian materi dan tugas saja pada saat tatap muka disekolah, tetapi guru juga memberikan motivasi-motivasi, ucapan semangat belajar agar siswa memiliki semangat belajar yang lebih tinggi lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Aug 2021 03:12
Last Modified: 04 Aug 2021 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item