FAUZIYAH, NUR (2017) Studi Komparasi Kepercayaan diri Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi Antara Alumni Pondok Pesantren dan Non Pondok Pesantren Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
HALAMAN PERSETUJUAN LENGKAP uchi.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (217kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
|
Text
Daftar Pustaka uchi.pdf Download (222kB) |
|
Text
Lampiran 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
DAFTAR NAMA MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Pentingnya kepercayaan diri bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi sudah banyak diuji oleh para peneliti, banyak bukti empiris dan teoritis yang menyatakan diperlukan kepercayaan diri tinggi untuk sukses menyelesaikan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir, sebab tanpa terselesaikannya skripsi tidak mungkin mahasiswa dapat memperoleh gelar sarjana. Sebagian besar mahasiswa merasa kurang yakin dengan kemampuannya menyelesaikan skripsi tepat waktu, karena anggapan skripsi merupakan mata kuliah yang sulit. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan kemampuan mahasiswa dalam menguasi bahasa Arab sebagai bahasa pengantar yang harus digunakan dalam menulis skripsi dan juga mempresentasikannya dihadapan pembimbing dan penguji ketika sidang nanti. Latarbelakang pendidikan rupanya menjadi faktor yang menjadikan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa tersebut rendah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) alumni Pondok Pesantren dan Non Pondok Pesantren dalam menyelesaikan skripsi. (2) Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) alumni pondok pesantren dan non pondok pesantren dalam menyelesaikan skripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STAIN Kediri yang memprogram mata kuliah skripsi tahun ajaran 2017 angkatan 2013 yang berjumlah 60 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri oleh Lautser. Penelitian ini akan menggunakan teknik analisis Independent sample t-test adalah jenis uji statistika yang bertujuan untuk membandingkan rata-rata dua grup yang tidak saling berpasangan atau tidak saling berkaitan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) alumni Pondok Pesantren dan Non Pondok Pesantren dalam menyelesaikan skripsi. Kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) alumni pondok lebih tinggi daripada kepercayaan diri alumni non pondok dalam menyelesaikan skripsi. (2) Besarnya perbedaan kepercayaan diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) asal non pondok rata-rata sebesar 82,68 sedangkan kepercayaan diri mahasiswa alumni pondok rata-rata sebesar 115,28. Selanjutnya besarnya perbedaan mean mahasiswa alumni non pondok dan mahasiswa alumni pondok ditunjukkan pada kolom Mean Difference, yaitu 32.603. Karena bernilai negatif, maka berarti kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Non Pondok Pesantren memiliki Mean lebih rendah dari pada kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) alumni Pondok.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 03:38 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 03:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/243 |
Actions (login required)
View Item |