Metode pembelajaran qira’ati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Musyarafah Gadingmangu Perak Jombang

Hidayati, Nurmasyithoh (2020) Metode pembelajaran qira’ati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Musyarafah Gadingmangu Perak Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130016 PRA BAB.pdf

Download (600kB)
[img] Text
932130016 BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
932130016 BAB 2.pdf

Download (564kB)
[img] Text
932130016 BAB 3.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932130016 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
932130016 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
932130016 BAB 6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932130016 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
932130016 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca Al-Qur‟an sangatlah penting bagi kehidupan umat Islam di dunia, kewajiban bagi kita untuk belajar membaca Al-Qur‟an. Belajar membaca Al Qur‟an memiliki metode yang cukup banyak dalam meningkatkan kemampuan membacanya. Salah satunya dengan belajar membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Qira‟ati. Dalam memperlajari Al-Qur‟an tentunya kegiatan pembelajaran merupakan faktor penting untuk melihat suatu proses dari berlangsungnya pembelajaran. Metode Qira‟ati memiliki kegiatan awal, inti dan akhir dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur‟an dengan menekankan pada makhroj yang baik dan benar sesuai metode yang diterapkan. Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu (1)bagaimana kegiatan awal metode pembelajaran Qira‟ati di TPQ Al-Musyarafah?, (2) bagaimana kegiatan inti metode pembelajaran Qira‟ati di TPQ Al-Musyarafah?, dan (3) bagaimana kegiatan akhir metode pembelajaran Qira‟ati di TPQ Al Musyarafah?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini reduksi data, display data dan penyimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan akhirnya menghasilkan kesimpulan yang pertama yaitu; kegiatan awal metode pembelajaran Qira‟ati di TPQ Al Musyarafah adalah baris dihalaman TPQ dengan membaca do‟a sebelum belajar, hafalan do‟a harian dan surat-surat pendek secara bersam-sama dalam waktu 15 menit. kedua, kegiatan inti metode pembelajaran Qira‟ati dilakukan selama 30 menit dengan kegiatan individual murni pada santri jiid 1-6 dengan santri maju kedepan bin nadhor dan disimak oleh satu ustad atau ustazah secara bergantian, sedangkan bagi kelas finishing menggunakan metode klasikal individual dengan kegiatan bin nadhor dan bil ghoib secara bergantian dengan materi Al-Qur‟an, Ghorib, Tajwid, Materi tambahan dengan waktu 75 menit. Ketiga, kegiatan akhir metode pembelajaran Qira‟ati yaitu ustazah menilai hasil belajar santri di buku prestasi santri, membaca do‟a setelah belajar dan melakukan tanya jawab seputar do‟a-do‟a harian dan hadis kepada santri, yang bisa menjawab boleh pulang lebih awal, dengan waktu 15 menit kegiatan akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:30
Last Modified: 27 Jul 2021 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item