Arifudin, Miftah (2020) Nilai-nilai pendidikan toleransi beragama di masyarakat Desa Medowo Kandangan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932133114 PRA BAB.pdf Download (825kB) |
|
Text
932133114 BAB 1.pdf Download (252kB) |
|
Text
932133114 BAB 2.pdf Download (486kB) |
|
Text
932133114 BAB 3.pdf Download (301kB) |
|
Text
932133114 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
932133114 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
932133114 BAB 6.pdf Download (103kB) |
|
Text
932133114 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
932133114 LAMPIRAN.pdf Download (816kB) |
Abstract
Kerukunan antar umat beragama di Indonesia masih banyak menyisakan masalah. Hal ini mengindikasikan bahwa pemahaman masyarakat tentang kerukunan umat beragama perlu ditinjau ulang. Banyaknya konflik yang melibatkan agama menuntut adanya perhatian yang serius untuk mengambil langkah-langkah yang baik, demi keberlangsungan umat beragama di Indonesia. Namun fenomena konflik yang dilatarbelakangi agama dan budaya berbanding terbalik dengan fenomena yang peneliti jumpai di desa Medowo. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan dan dampak dari nilai-nilai pendidikan toleransi beragama di masyarakat desa Medowo Kandangan Kediri. Adapun rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan toleransi beragama di masyarakat desa Medowo Kandangan Kediri? 2) Apa dampak dari penerapan nilai-nilai pendidikan toleransi beragama di masyarakat desa Medowo Kandangan Kediri?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yakni tokoh agama (Islam, Kristen, dan Hindu), perangkat desa setempat, dan warga. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan nilai-nilai pendidikan toleransi beragama di masyarakat desa Medowo Kandangan Kediri, yaitu adanya kegiatan: a) saling mengunjungi umat lain pada hari raya keagamaan, b) antar umat bekerjasama dalam acara keagamaan, c) setiap tokoh agama memimpin berdoa pada acara tasyakuran desa. 2) dampak penerapan nilai-nilai pendidikan toleransi beragama di masyarakat desa Medowo Kandangan Kediri, dari segi aspek sosial adanya kegiatan a) gotong royong, b) pemberian santunan kepada warga, sedangkan dari segi aspek ekonomi adanya a) hubungan kerja kepada semua masyarakat, b) koperasi unit desa untuk kegiatan ekonomi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 05:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 05:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2393 |
Actions (login required)
View Item |