Sakti, Eka Perdana (2020) Problematika implementasi sistem zonasi sekolah pada penerimaan peserta didik baru di SMAN 1 Kandangan tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132516 PRA BAB.pdf Download (327kB) |
|
Text
932132516 BAB 1.pdf Download (240kB) |
|
Text
932132516 BAB 2.pdf Download (241kB) |
|
Text
932132516 BAB 3.pdf Download (200kB) |
|
Text
932132516 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text
932132516 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932132516 BAB 6.pdf Download (89kB) |
|
Text
932132516 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text
932132516 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan terkait dengan pemerataan menjadi tugas tersendiri untuk pemerintah Indonesia khusunya. Indonesia sebgai negara yang besar dan memiliki penduduk yang terbesar ke-empat di dunia setidaknya mampu untuk memberikan kualitas pendidikan terutama terkait dengan pemerataan pendidikan bagi seluruh rakyatnya. Melalui Permendikbud No. 51 tahun 2018 Pemerintah menerapkan sistem zonasi sekolah dalam pelaksanaan PPDB tahun 2019. Peraturan tersebut terbilang masih baru dan menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Di SMA N 1 Kandangan Kabupaten Kediri yang terletak diantara perbatasan antar Kabupaten Jombang dan Malang pada Tahun 2019 telah melaksanakan sistem zonasi sekolah yang mengacu pada Pergub Jatim No. 23 tahun 2019 yang berdasarkan pada Permendikbud No. 51 tahun 2018. Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan judul “Problematika Implementasi Sistem Zonasi Sekolah pada Penerimaan Peserta Didik Baru di SMAN 1 Kandangan Tahun Ajaran 2019/2020”.Adapun fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana konsep sistem zonasi sekolah pada proses penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Kandangan Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Apa saja permasalahan dalam implementasi sistem zonasi sekolah pada proses penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Kandangan Tahun Ajaran 2019/2020?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dimana kehadiran peneliti sangat diperlukan. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika konsep sistem zonasi sekolah mengacu pada petunjuk teknis pada Pergub Jatim No. 23 Tahun 2019 yang berdasarkan Permendikbud No. 51 tahun 2018. Dari penerapan sistem zonasi sekolah muncul problem seperti menurunkan optimisme siswa, banyaknya siswa atau masayarakat yang belum mengerti konsep zonasi sekolah dan tata cara PPDB, munculnya tindak kecurangan dimasyarakat, masih kurangnya persebran sekolah negri di Indonesia, penggunaan sistem daring yang masih banyak kesalahan, dan masih kurangnya sosialiasi terkait sistem zonasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 04:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 04:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2392 |
Actions (login required)
View Item |