Efektivitas pembelajaran fikih melalui muatan lokal kitab Bulu>gh}ul Mara>m untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X IPA di Madrasah Aliyah Al-Manar Prambon

Fitriyah, Siti Mufidatul (2020) Efektivitas pembelajaran fikih melalui muatan lokal kitab Bulu>gh}ul Mara>m untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X IPA di Madrasah Aliyah Al-Manar Prambon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122716 Pra BAB.pdf

Download (800kB)
[img] Text
932122716 BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932122716 BAB II.pdf

Download (532kB)
[img] Text
932122716 BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932122716 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
932122716 BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932122716 Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
932122716 Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui penerapan pembelajarankitab bulu>gh}ul mara>m di Madrasah Aliyah Al-Manar Prambon. 2)Mengetahui efektivitas pembelajaran kitab bulu>gh}ul mara>m dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih kelas X IPA di Madrasah Aliyah Al-Manar Prambon sesuai dengan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran kitab bulu>gh}ul mara>m di Madrasah Aliyah Al-Manar Prambon. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menguraikan suatu kejadian yang tampak pada objek kejadian. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran kitab bulu>gh}ul mara>m sudah lumayan baik hal ini dapat dilihat dari nilai siswa, serta sarana prasarana yang digunakan sudah memadai. 2) Efektivitas pembelajaran kitab bulu>gh}ul mara>m terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran fikih kelas X IPA di Madrasah Aliyah Al-Manar Prambon ini secara kualitatif dapat meningkatkan pemahamansiswa dan juga hasil belajar siswa tidak hanya dari segi aspek kognitif saja namun juga dari aspek psikomotorik, dan afektif, dalam hal ini siswa Madrasah Aliyah Al-Manar juga mendapatkan wawasan agama yang nantinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 3) Faktor pendukung dari pembelajaran kitab bulu>gh}ul mara>m ini yaitu minat siswa yang sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan saat pembelajaran berlangsung semua memperhatikan dan mendengarkan sambil maknani kitab masing-masing dan sarana prasarana yang mendukung, serta faktor yang menjadi menghambat dari pembelajaran kitab bulu>gh}ul mara>m ini yaitu,mayoritassiswa yang males maknani kadang ada yang sudah ketinggalan danmales nambal, dan bangku belakang sendiri tidak dengar, kadang diajak teman bicara jadi ketinggalan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:35
Last Modified: 26 Jul 2021 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item