Taufiq, M. Alfiyan (2016) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurursan Multi Media SMK INTENSFIS BAITUSSALAM Tanjunganom Dalam Pelajaran PAI Menggunakan Strategi Learning Start with questions tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110212 prabab.pdf Download (734kB) |
|
Text
932110212 BAB 1 revisi .pdf Download (322kB) |
|
Text
932110212 bab II revisi .pdf Download (673kB) |
|
Text
932110212 BAB III revisi.pdf Download (403kB) |
|
Text
932110212 bab IV Revisi.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
932110212 BAB V revisi.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
932110212 BAB VI revisi.pdf Download (118kB) |
|
Text
932110212 Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) |
Abstract
Dalam pembelajarn Yang selalu menggunakan metode diskusi dan kurang menggunakn variasi metode ternyata menimbulkan beberapa kendala diantaranya antusiasme peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran PAI masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar Peserta Didik dengan menerapkan Model Active Learning teknik Learning Starts with A Question pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X Multi Media SMK INTENSFIS BAITUSSALAM Tanjunganom tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dimulai dengan empat tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas X Multi Media SMK INTENSFIS BAITUSSALAM sebanyak 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dengan tujuan mengetahui peningkatan Motivasi Peserta Didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan/catatan harian sebagai hasil dari observasi, dan dokumentasi. Catatan harian ini untuk mencatat semua kejadian selama proses penelitian berlangsung dan melakukan penilaian Motivasi Peserta Didik setiap siklusnya. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan hasil pada siklus I, siklus II dan siklus III. Dalakm penelitian ini terdapat dua temuan 1) pnerapan Strategi Learning Start wit questions dari siklus I sampai siklus III dapat berjalan dengan baik namun tetap ada hambatan, dan hambatan tersebut segera di cari jalan keluarnya dalam refleksi tindakan dalam tiap siklusnya agar hambatan tersebut bis dihindari. 2) Berdasarkan Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Model Active Learning dengan Teknik Learning Starts with A Question dapat meningkatkan Motivasi Peserta Didik kelas XI IS 1 SMK INTENSFIS BAITUSSALAM Tanjunganom Tahun Ajaran 2015/2016. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan persentase Motivasi Peserta Didik dalam pembelajaran PAI di kelas. Peningkatan Motivasi Peserta Didik tersebut dapat dilihat dari aspek motivasi peserta didik pada siklus I sebesar 72% dan siklus II naik menjadi 80% dan siklus III menjadi 90,7%. Dari siklus I ke siklus II naik 8%, dari siklus II ke siklus III naik 10%. Jadi indikator pada Motivasi Peserta Didik kelas X Multi Media telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 May 2021 03:08 |
Last Modified: | 20 May 2021 03:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2364 |
Actions (login required)
View Item |