Implementasi Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMP 4 Kediri

Alfiah, Lia Septi (2016) Implementasi Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMP 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109512 prabab.pdf

Download (559kB)
[img] Text
932109512 BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932109512 BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932109512 BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
932109512 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
932109512 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
932109512 BAB VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932109512 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932109512 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar, metode belajar sangatlah penting, oleh karena itu seorang guru dituntut untuk dapat memilih metode yang tepat bagi peserta didiknya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mata pelajaran PAI adalah metode belajar kelompok atau biasa disebut pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif banyak macamnya namun pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran kelompok yang paling mudah diterapkan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kediri? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kediri? Dalam penelitian ini, pendekatan yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian studi kasus (lapangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kediri. Lokasi penelitian yang dilakukan adalah di SMP Negeri 4 Kediri dengan informan Waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kediri dilakukan dengan membuat persiapan terlebih dahulu sebelum menerapkannya. Persiapan yang guru PAI lakukan adalah sebagai berikut: mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, mempersiapkan bahan/materi ajar, mempersiapkan media yang diperlukan, melakukan pembagian kelompok. Selain itu, dalam penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kediri juga terdapat faktor pendukung dan penghambat. Diantara faktor yang mendukung penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Kediri adalah faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas. Sedangkan faktor yang menghambat adalah faktor waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 May 2021 02:50
Last Modified: 20 May 2021 02:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item