Pelaksanaan Metode Musyawarah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Kelas 3 Tsanawiyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kota Kediri)

MUASOMAH, LIA (2016) Pelaksanaan Metode Musyawarah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Kelas 3 Tsanawiyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109412 prabab.pdf

Download (656kB)
[img] Text
932109412 bab 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
932109412 BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
932109412 BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932109412 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
932109412 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
932109412 BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
932109412 daftar pustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932109412 lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Majelis Musyawarah Madrasah Putri Hidayatul Mubtadi-aat adalah sebuah lembaga di bawah naungan MPHM, yang diberi amanat khusus untuk menangani musyawarah (diskusi) siswa MPHM. Hal ini sangat diperlukan untuk menunjang pemahaman, pendalaman dan pengembangan materi pelajaran di MPHM. Tujuan dirumuskan metode musyawarah agar santri mampu memahami secara kontekstual isi kandungan kitab kuning yang dipakai sebagai sumber rujukan para santri dalam proses pembelajarannya, dengan metode pembelajaran kitab kuning yang bernuansa kontekstual. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Metode Musyawarah dalam Meningkatkan Pemahaman Santri terhadap isi/materi Kitab Kuning di P3HM Lirboyo? 2) Bagaimana Keaktifan Santri Pada Saat Musyawarah Berlangsug di Kelas 3 Tsanawiyah di Ponpes Putri Hidayatul Mubtadi-aat Lirboyo? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Musyawarah dalam Meningkatkan Pehaman Santri terhadap Pembelajaran Kitab Kuning di P3HM Lirboyo. 2) Untuk mengetahui Keaktifan Santri Pada Saat Musyawarah Berlangsung Di Kelas 3 Tsanawiyah di P3HM Lirboyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus yang berada di Madrasah Putri Hidayatul Mubtadi-aat. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran musyawarah di MPHM Ponpes Lirboyo tingkat kelas 3 Tsanawiyah terdapat tiga kegiatan musyawarah, yaitu: a) musyawarah kelas yaitu musyawarah yang diselenggarakan oleh sesama santri untuk membahas suatu masalah, dengan tujuan agar santri terlatih didalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan kitab-kitab yang tersedia. b) musyawarah kubro yaitu musyawarah yang di pimpin oleh ustadz, dimana hasil musyawarahnya para santri diajukan untuk dibahas dan dinilai seperti dalam suatu seminar. c) musyawarah gabungan sistemnya sama seperti musyawarah kubro. 2) Keaktifan santri saat musyawarah ditunjukan dengan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning sehingga peserta musyawarah dapat mengkaji materi yang dijadikan topik pembahasan dapat memahami isi kandungam kitab-kitab kuning dengan baik, selain itu, pengembangan pokok bahasan pada kontekstualisasi permasalahan, santri mampu merelevansikan materi yang ada di dalam kitab dengan realita yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 May 2021 02:43
Last Modified: 20 May 2021 02:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item