Upaya Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus Di SMA Negeri 2 Kediri)

Safaatin, Lailatul (2016) Upaya Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus Di SMA Negeri 2 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108812 PRA BAB.pdf

Download (608kB)
[img] Text
932108812 BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932108812 BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
932108812 BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
932108812 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
932108812 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
932108812 BAB VI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932108812 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Sedangkan yang dimaksud dengan kedisiplinan belajar siswa adalah sikap atau tingkah laku siswa yang taat dan patuh menjalankan kewajibannya untuk belajar di lembaga sekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa adalah perlu adanya upaya yang maksimal dari seorang guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri?, (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahuan (1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri. (2) Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Adapun data yang didapatkan berasal dari tiga metode pengumpulan data yaitu dari hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, trianggulasi, dan bahan referensi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Kediri bisa dikatakan mempunyai disiplin yang baik, siswa sudah menyadari akan pentingnya kedisiplinan dalam belajar, dalam proses pembelajaran berlangsung mereka selalu fokus, aktif, dan kritis, mereka selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya, mereka juga mengumpulkan tugas yang diberikan dengan tepat waktu, dan selalu mentatai peraturan yang sudah ditetapkan oleh lembaga sekolah tersebut. 2) Upaya guru agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI adalah dengan cara memberi nilai, memberi contoh yang baik, memberi hukuman yang bersifat mendidik, dan memberi peraturan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 May 2021 02:22
Last Modified: 18 May 2021 02:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item