Anella, Diah Nur (2016) Upaya Waka Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi Di SMPN 1 Tanjunganom Tahun Ajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932103712 prabab.pdf Download (440kB) |
|
Text
932103712 BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
932103712 BAB II.pdf Download (150kB) |
|
Text
932103712 BAB III.pdf Download (144kB) |
|
Text
932103712 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
932103712 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
|
Text
932103712 BAB V1.pdf Download (114kB) |
|
Text
932103712 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text
932103712 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
Abstract
Organisasi kesiswaan merupakan kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan masalah kesiswaan di sekolah. Organisasi kesiswaan merealisasikan apa yang dirumuskan, direncanakan kegiatan organisasi peserta didik, serta bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi pada peserta didik. Organisasi siswa merupakan Kegiatan ekstrakurikuler yang berfungsi sebagai wahana untuk berlatih di bidang Keorganisasian, kepemimpinan dan keterampilan. Manusia berorganisasi karena memiliki sebuah tujuan bersama yang dapat tercapai hanya bila dilakukan secara bersama. Oleh karena itu, begitu ia dilahirkan ke dunia, ia menjadi anggota organisai genitis yang disebut organisasi keluarga. Tujuan Peneliti ini di lakukan agar nantinya siswa dapat menjadi warga Negara yang baik dan berguna. Dengan demikian, pembinaan siswa meliputi pembentukan kepribadian dan sikap, pembentukan pengetahuan dan pembentukan ketrampilan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dimana datanya dihasilkan dari kata-kata, sumber tertulis dan foto. Adapun pengumpulan data yang diperoleh, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang di dapat oleh penulis, dapat disimpulkan, dalam manajemen perencanaan kesiswaan yang dilakukan oleh waka kesiswaan dalam Meningkatkan kemampuan siswa berorganisasi yaitu mencakup: adanya peenerimaan peserta didik baru, kegiatan penerimaan siswa, pembinaan siswa dan pemantapan kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik melalui program di sekolah. Penerimaan peserta didik baru, merupakan proses pendataan dan pelayanan kepada siswa yang baru masuk sekolah, setelah mereka memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut dan diatur dengan sistematis. Adapun pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilakukan waka kesiswaan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berorganisasi sangat membantu siswa agar mereka aktif, kreatif, inovatif, peduli terhadap lingkungan masyarakat. Hasil wawancara penulis mengenai pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang di lakukan waka kesiswaan untuk kemampuan siswa dalam berorganisasi OSIS yang meliputi: a) membina anak-anak berorganisasi ini yang ada di sekolah, ada 18 ekstra kurikuler yang peserta didik minati sesuai bakat, dan kemampuanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 May 2021 02:55 |
Last Modified: | 11 May 2021 02:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2353 |
Actions (login required)
View Item |