Safitri, Erna Febrianingrum (2020) Implementasi Sabar pada Guru dalam Menangani Anak Hiperaktif (Studi Kasus Terhadap Guru di SLB Putera Asih Balowerti Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933603516 prabab.pdf Download (967kB) |
|
Text
933603516 bab1.pdf Download (524kB) |
|
Text
933603516 bab2.pdf Download (582kB) |
|
Text
933603516 bab3.pdf Download (323kB) |
|
Text
933603516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
933603516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
Text
933603516 bab6.pdf Download (185kB) |
|
Text
933603516 daftar pustaka.pdf Download (395kB) |
|
Text
933603516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
Abstract
Semua warga Negara mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan sendiri tidak boleh memandang ras, suku, agama, budaya, keterbatasan fisik dan mental. Seseorang yang mempunyai keterbatasan khusus ada sekolah yang menaunginya yaitu sekolah luar biasa. Tentunya dalam hal ini tenaga pendidik seperti guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus tingkat kesabaran dan cara mengajarkan pasti berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Maka dari itu sebagai seorang guru sekolah luar biasa dalam tugasnya tidak hanya mendidik, akan tetapi juga membimbing, mengarahkan dan tentunya memerlukan kesabaran guna tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman sabar guru dan bagaimana cara guru mengimplemetasikan sabar dalam menangani anak hiperaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus agar lebih terperinci dan mendalam. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan para Guru SLB Putera Asih Kota Kediri. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman sabar guru dan cara mengimplementasikannya yaitu dengan memahami atau mengerti bagaimana kondisi anak tersebut sehingga merasa empati dengan anak lalu kemudian merasa peduli sehingga menimbulkan rasa perhatian dan kasih sayang terhadap anak. dapat mengendalikan diri dari segala tingkah laku anak, mempunyai strategi dalam menanganinya, bersikap positif dan terbuka terhadap anak didiknya, bersedia mengajari berulang-ulang, membimbing dan memberi pengarahan kepada anak didiknya, bersikap positif dan terbuka serta dapat mengendalikan diri dari berbagai macam perilaku yang mungkin kurang menyenangkan dari anak didiknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 10 May 2021 08:33 |
Last Modified: | 10 May 2021 08:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2346 |
Actions (login required)
View Item |