Nurzeha, Faridaul (2016) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN Nglawak Kertosono. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104912 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932104912 BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text
932104912 BAB II.pdf Download (253kB) |
|
Text
932104912 BAB III.pdf Download (263kB) |
|
Text
932104912 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
932104912 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
932104912 BAB VI.pdf Download (89kB) |
|
Text
932104912 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
Abstract
Guru sebagai seorang motivator, harus mampu membangkitkan semangat dan mengubur kelemahan anak didiknya bagaimanapun latar belakang hidup keluarganya, bagaimanapun kelam masalahnya dan bagaimanapun berat tantangannya. Motivasi di MTsN Nglawak sudah cukup bagus karena guru Akidah Akhlak di MTsN Nglawak menggunakan strategi yang cocok untuk setiap kegiatan pembelajaran agar berjalan sesuai aturan. Guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga harus mendidik dan membimbing siswa agar materi yang disampaikan dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara teoritis motivasi belajar siswa dapat dilihat dari kedisiplinan, ketekunan belajar, keaktifan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui: (1) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di MTsN Nglawak Kertosono, (2) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan ketekunan belajar siswa di MTsN Nglawak Kertosono, (3) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi di MTsN Nglawak Kertosono. Untuk meneliti dengan indikator tersebut, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di MTsN Nglawak Kertosono-Nganjuk. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan diskriptif. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Strategi yang diterapkan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran di MTsN Nglawak Kertosono adalah guru memberikan contoh dulu kepada siswa untuk masuk tepat waktu sesuai jamnya dan memberikan hukuman. (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan ketekunan belajar siswa di MTsN Nglawak Kertosono adalah dengan adanya penilaian dan reward berupa cerita, guru juga menggunakan hukuman atau punishment bagi siswa yang tidak mengerjakan atau terlambat mengumpulkan tugas. (3) Strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi di MTsN Nglawak Kertosono. Dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi dan keantusiasan siswa dalam belajar, hal ini didukung dengan adanya penilaian disetiap kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 04 May 2021 02:07 |
Last Modified: | 04 May 2021 02:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2325 |
Actions (login required)
View Item |