Implementasi Metode Group InvestigationUntuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bab Zakat, Haji dan Wakaf kelas X 9 SMAN 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016

Roziqi, Ubaidul Bashit (2016) Implementasi Metode Group InvestigationUntuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bab Zakat, Haji dan Wakaf kelas X 9 SMAN 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120212 prabab.pdf

Download (442kB)
[img] Text
932120212 bab1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932120212 bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932120212 bab3.pdf

Download (542kB)
[img] Text
932120212 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
932120212 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
932120212 bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932120212 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyakeaktifanbelajarsiswadalam proses pembelajaranpendidikan agama islambab zakat haji danwakaf. Untukmengatasihaltersebutpenelitimenerapkanmetodegroup investigation Metode Group investigation melatih siswa untuk membina sikap tanggung jawab dan bekerja sama dalam kelompok, membiasakan sikap saling menghargai anggota kelompok dan membiasakan siswa untuk berani mengungkapkan pendapat. Sehingga diharapkan dengan dinamika kelompok tersebut keaktifan belajar siswa meningkat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui:1)\Bagaimana penerapan metode pembelajaran group investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X 9 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Kota Kediri? 2) Apakah metode group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X 9 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Kota kediri? Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini menggunakan pra siklus, siklus I dan siklus II. dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yakni : rancangan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Metode pengumpulan datanya lembar observasi keaktifanbelajarsiswa,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan keaktifanbelajar siswa, berdasarkan data observasi keaktifan belajar siswa peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: Pada pra tindakan jumlah siswa yang aktif sebanyak 13 siswa jika dipresentasekan sebesar 42% masuk dalam kategori rendah, pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran jika dipresentasekan sebesar 55% masuk dalam kategori cukup , pada siklus II meningkat lagi menjadi 27 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran jika dipresentasekan sebesar 87% masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:16
Last Modified: 29 Apr 2021 01:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item