Implementasi metode everyone is a teacher here dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik pada bab hukum keluarga mata pelajaran fiqih kelas XI MIA-3 di MAN Purwoasri Kediri tahun pelajaran 2015/2016

Rachmawati, Ratna Dwi (2016) Implementasi metode everyone is a teacher here dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik pada bab hukum keluarga mata pelajaran fiqih kelas XI MIA-3 di MAN Purwoasri Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116812 prabab.pdf

Download (293kB)
[img] Text
932116812 BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932116812 BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932116812 BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932116812 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
932116812 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
932116812 BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
932116812 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932116812 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dalam penguasaan pengetahuan dan ketrampilan suatu mata pelajaran tertentu sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Pengejaran klasikal seringkali mengabaikan adanya perbedaan-perbedaan individual peserta didik di dalam kelas. Tidak semua peserta didik dapat menyerap materi pengajaran konvensional yang dilakukan dengan ceramah khususnya peserta didik kelas XI MIA-3 MAN Purwoasri Kediri yang mengalami kesulitan untuk memahami pelajaran fiqih. Dari 38 pesera didik, yang memperoleh nilai diatas 75 sebanyak 17 peserta didik dan dinyatakan tuntas, sedangkan sisanya 21 peserta didik belum tuntas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru harus bisa memilih metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode everyone is a teacher here pada bab hukum keluarga mata pelajaran fiqih dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIA-3 MAN Purwoasri Kediri, (2) Bagaimana efektifitas metode everyone is a teacher here pada mata pelajaran fiqih bab hukum keluarga dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIA-3 MAN Purwoasri Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach) yang mengacu pada rancangan model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah: (1) tes, (2) observasi, (3) wawancara, (4) dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih. Dimana pada pembelajaran konvensional (pra siklus) nilai rata-rata 67,23 dan ketercapaian dalam KKM adalah 44,73% dan ketika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode everyone is a teacher here, pada siklus 1 prestasi belajar peserta didik meningkat menjadi rata-rata 79,47 dan ketercapaian dalam KKM 73,68%. Karena belum sesuai dengan hasil yang diharapkan, kemudian penelitian ini dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus 2 dengan nilai rata-rata 84,47 dan semua peserta didik 100% berhasil mencapai KKM yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dapat meningkatkan prestasi belajar pelajaran fiqih materi pernikahan dalam Islam di kelas XI MIA-3 MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 205/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:51
Last Modified: 28 Apr 2021 01:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item