NURFAHMI Z., MOH. (2016) Implementasi Strategi Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas X MIA-1 Man Prambon Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113312 prabab.pdf Download (274kB) |
|
Text
932113312 BAB I SIAP.pdf Download (134kB) |
|
Text
932113312 BAB II SIAP.pdf Download (200kB) |
|
Text
932113312 BAB III SIAP.pdf Download (183kB) |
|
Text
932113312 BAB IV SIAP.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text
932113312 BAB V SIAP.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
932113312 BAB VI SIAP.pdf Download (51kB) |
|
Text
932113312 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text
932113312 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya daya serap siswa terhadap materi yang mengakibatkan semakin menurunnya prestasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan pengalaman PPL yang saya lakukan bulan Januari-Februari 2016 di MAN Prambon Kabupaten Nganjuk, menurunnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh dominannya proses pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran tersebut suasana kelas cenderung teacher centered sehingga siswa menjadi pasif, kurang memperhatikan pelajaran dan akibatnya daya serap terhadap materi pelajaran rendah. Perlu adanya suatu strategi yang bisa meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, jadi pembelajaran tidak lagi satu arah melainkan bisa kesemua arah. Strategi pembelajaran two stay two stray dapat membantu peningkatan peran aktif siswa karena strategi tersebut cenderung lebih menekankan pada kegiatan siswa. Permasalahan penelitian ini adalah : Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar akidah akhlak siswa pada bab husnudzan, raja’ dan tobat kelas X MIA-1 MAN Prambon setelah penerapan strategi pembelajaran two stay two stray ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X MIA-1 MAN Prambon. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus (4 pertemuan). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Persentase yang dilakukan yaitu dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Penerapan strategi pembelajaran two stay two stray pada materi husnudzan, raja’ dan tobat berjalan dengan baik, ini ditunjukkan dengan nilai pada siklus II aktivitas siswa 85,71% (baik) dan aktivitas guru 94,85% (sangat baik). (2) Ada peningkatan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas X MIA-1 MAN Prambon pada materi husnudzan, raja’ dan tobat, setelah diterapkan strategi pembelajaran two stay two stray selama 2 siklus (4 pertemuan). Peningkatan ini ditandai dengan : Pada siklus I rata-rata hasil belajar 75,29 dengan ketuntasan klasikal 62,85 % (belum tuntas). Pada siklus II rata-rata hasil belajar 92 dengan ketuntasan klasikal 94,28 % (tuntas).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 03:06 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 03:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2260 |
Actions (login required)
View Item |