Peran Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi pada Wisata Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri)

Nissa’, Koirun (2020) Peran Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi pada Wisata Bukit Dhoho Indah Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300215 prabab.pdf

Download (889kB)
[img] Text
931300215 bab 1.pdf

Download (787kB)
[img] Text
931300215 bab 2.pdf

Download (550kB)
[img] Text
931300215 bab 3.pdf

Download (527kB)
[img] Text
931300215 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
931300215 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
931300215 bab 6.pdf

Download (225kB)
[img] Text
931300215 daftar pustaka.pdf

Download (407kB)
[img] Text
931300215 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah cara di mana fungsi pemasaran mengatur kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada tingkat bauran pemasaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana jumlah pengunjung yang ada di wisata Bukit Dhoho Indah. Bagaimana pernanan strategi pemasaran yang dilakukan marketer untuk meningkatkan jumlah pengunjung, dan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan marketer dalam perspektif Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Tahapan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pengunjung yang datang ke wisata Bukit Dhoho Indah mengalami fluktuasi pada setiap bulannya. Hal tersebut ditunjukkan dalam data jumlah pengunjung tahun 2018-2019. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh marketer kurang berperan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Pengunjung tidak mempunyai kesan yang menarik setelah mengunjungi wisata, sehingga menyebabkan mereka tidak berkunjung lagi. Startegi tempat yang dilakukan oleh marketer tidak sesuai dengan perspektif Islam karena menimbulkan mudharat. Strategi promosi dan strategi produk telah sesuai dengan persepktif Islam, namun pihak wisata kurang memunculkan keunikan wisata. Strategi harga dalam perspektif Islam tidak sesuai karena pihak pengelola menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan di hari libur. Mesksipun marketer sudah melakukan pemasaran dengan berbagai cara, namun hal tersebut tidak menjadikan jumlah pengunjung wisata Bukit Dhoho Indah mengalami kenaikan melainkan fluktuasi setiap bulannya. Hal tersebut tentunya tidak sebbanding dengan apa yang dikatakan dalam surat Al-Hijr ayat 19-20, bahwa Allah sudah menciptakan segalanya di bumi ini untuk kebutuhan hidup makhlukNya, dan kita harus menggunakannya secara baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:34
Last Modified: 20 Apr 2021 07:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item